[HOAKS] Arab Saudi Tidak Mewajibkan Masker untuk Jemaah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi serta akan Menyediakan Asuransi Kesehatan – 17/03/2022

Penjelasan :

Beredar di media sosial Twitter, unggahan beberapa foto yang menunjukkan kondisi ibadah di Masjidil Haram setelah Pemerintah Arab Saudi mencabut peraturan menjaga jarak pada 6 Maret 2022. Unggahan tersebut juga disertai narasi yang menyatakan bahwa jemaah yang beribadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi sudah tidak diwajibkan untuk menggunakan masker dan akan disediakan asuransi kesehatan di Arab Saudi.

 

Faktanya, dilansir dari situs resmi Arab Saudi spa.gov.sa, jemaah yang akan melaksanakan ibadah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi tetap diwajibkan untuk menggunakan masker meskipun Arab Saudi telah menghapuskan kebijakan menjaga jarak, karantina, serta tes PCR dan antigen. Lebih lanjut, asuransi kesehatan tidak akan disediakan oleh Pemerintah Arab Saudi, melainkan merupakan syarat yang harus dimiliki oleh pelaksana perjalanan luar negeri yang akan mengurus perizinan untuk memasuki Arab Saudi.

 

Link Counter: