Categories: Antaranews

Baznas Kota Singkawang distribusikan zakat sembako



Pontianak (ANTARA) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Singkawang, Kalimantan Barat mendistribusikan zakat tahap kedua periode 2021 berupa sembako kepada 120 kepala keluarga fakir dan 577 KK miskin.

“Pendistribusian zakat berupa sembako yang kita lakukan pada Selasa (15/3) kemarin, kita berikan kepada 120 KK fakir dan 577 KK miskin se-Kota Singkawang,” kata Ketua Baznas Kota Singkawang, Mahmudi, di Singkawang, Jumat.

Pendistribusian sembako tahap kedua ini, mengingat umat Muslim tidak lama lagi akan menghadapi Bulan Suci Ramadhan.

Baca juga: Pemkot Pontianak dorong Baznas optimalisasi penyaluran zakat, infak, dan Shadaqah

“Sehingga sembako yang kita berikan benar-benar bermanfaat bagi mereka yang menerimanya,” tuturnya.

Untuk tahap pertama, Baznas Kota Singkawang sudah mendistribusikan sembako 1.033 KK.

Mahmudi berharap, pengumpulan zakat, infak, dan sedekah tahun 2022 bisa meningkat dari 2021 supaya Baznas Singkawang bisa membantu, antara lain para fakir dan miskin, bedah rumah, rehab rumah, membantu rumah tahfiz, dan panti asuhan.

Baznas Kota Singkawang juga mempunyai wacana program untuk membantu fakir miskin, khususnya yang mempunyai lahan agar bisa memelihara kambing.

Baca juga: Baznas tegaskan tentang netralitas dan bersih dari kepentingan politik

Ia mengaku sempat melihat ada seorang warga memelihara kambing dengan lahan yang luas. Lahan tersebut juga ditanami tanaman untuk makanan kambing sehingga ternak itu tidak dilepas karena makanannya sudah ada di lokasi tersebut.

Ke depan, katanya, wacana ini harus bisa dilaksanakan dengan memotivasi para muzaki dan donatur, bekerja sama dengan Baznas Singkawang, untuk membeli lahan dengan tujuan memelihara kambing guna membantu fakir miskin yang mempunyai kemampuan memelihara kambing.

“Dari wacana ini, dana zakat yang terkumpul di Baznas bisa kita berdayakan untuk membantu masyarakat Singkawang dalam membuka peluang usaha baru,” katanya.

Baca juga: YBM PLN Kalbar – BAZNAS gelar raker tingkatkan kualitas Da’i di pedalaman
Baca juga: Baznas Sanggau gelar bakti sosial tahap IV tahun 2021




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

21 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

21 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

22 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

22 jam lalu