Peserta Apeksi Regional Kalimantan ikuti Fun Bike di Singkawang

Peserta Apeksi Regional Kalimantan ikuti Fun Bike di Singkawang



Pontianak (ANTARA) – Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Ria Norsan, didampingi Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, bersama sejumlah wali kota bersepeda di sela kegiatan Rapat Koordinasi Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan di Singkawang, Rabu.

Apeksi adalah forum yang terdiri dari 98 kota di daerah perkotaan bertujuan membantu anggotanya dalam melaksanakan otonomi daerah dan menciptakan iklim yang kondusif bagi pembentukan kerjasama antar pemerintah daerah. 

Sejalan dengan semangat desentralisasi dan demokrasi, Apeksi telah membantu anggotanya untuk mencapai kesejahteraan sosial yang lebih baik melalui demokrasi, partisipasi masyarakat, keadilan dan akses yang sama untuk keragaman dan potensi setempat

Kota Singkawang dipercaya untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komwil V Regional Kalimantan yang digelar dari tanggal 15-18 Maret 2022. 

“Dalam raker ini dihadiri 9 Wali Kota/perwakilan di Kota Singkawang,”  kata Sekda Singkawang Sumastro. 

Ditunjuknya Kota Singkawang sebagai tuan rumah pelaksanaan Raker Apeksi Komwil V Regional Kalimantan ini adalah sebagai implementasi dari Raker Apeksi sebelumnya yang dilaksanakan di Kota Tarakan pada bulan November 2021.

“Sedangkan tema dari pelaksanaan Raker Apeksi ini adalah Smart City sebagai solusi masalah di perkotaan,” ungkapnya. 

Dalam raker ini juga, Pemkot Singkawang mendatangkan narasumber dari Kemenkominfo dan Kemendagri.

Sumastro menyebutkan, dari Wali Kota yang hadir antara lain, Wali Kota Tarakan beserta istri, Wakil Wali Kota Bontang, Wakil Wali Kota Samarinda beserta istri dan pejabat Asisten Balik Papan. 

Kemudian, Wakil Wali Kota Banjar Baru beserta istri, Asisten Pemerintahan Banjarmasin, Wali Kota Palangkaraya beserta istri dan Wali Kota Pontianak beserta istri.