Buka Rakerda Gepembri Klasis Kalbar 1, Yohanes Ontot: Gereja Adalah Mitra Pemerintah Dalam Membangun Manusia


//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si menghadiri Rapat Kerja Daerah Gereja Pemberita Injil Klasis Kalimantan Barat I Tahun 2022 yang dilaksanakan di Gedung GEPEMBRI Jemaat Tanjung, Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu. Selasa (15/03/2022).

Dalam sambutan Ketua Klasis Kalbar I Pdt. Obedi Tua Sarumaha, S.Th mengatakan bahwa dengan adanya GEPEMBRI di Kabupaten Sanggau maka akan mendukung pemerintah dalam berbagai hal seperti menjaga keharmonisan antar masyarakat di Kabupaten Sanggau.

“Terimakasih kepada Pak Yohanes Ontot yang telah menyempatkan hadir untuk membuka kegiatan di tempat ini. Kami ada di Kabupaten Sanggau maka dari itu kami akan mendukung dalam menciptakan harmonisasi dimanapun jemaat kami berada baik itu di dusun, kampung, wilayah, lingkungan,” ujarnya.

Selanjutnya Pengurus Sinode GEPEMBRI Pdt. Nicanor N., M.Th juga menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Sanggau atas waktu dan perhatiannya kepada jemaat.

“Kami dari Sinode banyak berterima kasih karena bapak Wakil Bupati telah berkenan hadir dan juga kepada perhatian yang telah diberikan kepada jemaat di tempat ini,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan senang dan bangga karena bisa bersama pemerintah daerah sebagai ujung tombak dalam membangun iman dan membangun manusia di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Kami sangat senang dan bangga bersama dengan pemerintah daerah melalui program-program pelayanan Gepembri dapat menjangkau tempat-tempat yang terpencil di seluruh wilayah Kalimantan Barat khususnya Sanggau. Kami yakin bahwa gereja adalah salah satu ujung tombak dalam pembangunan daerah khusus untuk membangun manusia dan keimanan jemaat agar dapat menciptakan keharmonisan,” ucap Pdt. Nicanor N. dalam sambutannya.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Yohanes Ontot menjelaskan bahwa mendukung gereja adalah salah satu visi misi dalam pemerintahannya bersama dengan Bupati Sanggau agar membangun iman dan kebudayaan.

“Dukungan terhadap Gereja adalah suatu hal yang menjadi fokus dalam visi-misi di Pemerintahan kami, Bupati Sanggau Pak Paolus Hadi bersama saya agar membangun iman dan budaya dan hal ini harus tetap kita lanjutkan karena membangun manusia tidak gampang dan perlu proses yang berkesinambungan. Selain dukungan terhadap pendidikan, keimanan juga kita dukung agar menjadi manusia yang tidak hanya pintar tapi memiliki akhlak, moral agar dapat hidup dalam masyarakat secara harmonis,” ujar Wakil Bupati Sanggau.

Kemudian menurut Yohanes Ontot saling mengenal budaya antar suku dapat menciptakan keharmonisan di masyarakat yang beragam suku, adat, dan budayanya.

“Saling mengenal budaya setiap suku yang ada akan menciptakan suatu keharmonisan di tengah-tengah masyarakat dan tentunya menciptakan suasana hidup berdampingan dengan aman, damai, dan saling menghargai,” ujarnya.

Ia juga sependapat bahwa gereja adalah mitra pemerintah dalam membangun manusia sehingga masyarakat dapat hidup bersahabat dengan sesama.

“Saya setuju dengan apa yang tadi sudah disampaikan oleh Pdt. Nicanor bahwa gereja adalah mitra pemerintah dalam membangun manusia yang takut akan Tuhan dan juga akan mampu hidup bersahabat dengan sesamanya,” ucap Yohanes Ontot.