Singkawang tuan rumah Raker Apeksi Regional Kalimantan

Singkawang tuan rumah Raker Apeksi Regional Kalimantan



Pontianak (ANTARA) – Kota Singkawang dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Kerja Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komwil V Regional Kalimantan yang digelar pada tanggal 15-18 Maret 2022.

“Dalam raker ini akan dihadiri 9 Wali Kota/perwakilan di Kota Singkawang,” kata Sekretaris Daerah Kota Singkawang, Sumastro dalam konferensi pers di Ruang TCM Room, Senin.

Menurutnya, Pemkot Singkawang sudah melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut para peserta.

“Sampai dengan hari ini, persiapan kita sudah mencapai 95 persen dan sore ini kita juga akan melaksanakan gladi kotor di Dayang Resort,” ujarnya.

Sedangkan untuk pelaksanaan Raker Apeksi di Mahkota Hotel Singkawang yang rencananya dibuka Wakil Gubernur Kalbar.

Ditunjuknya Kota Singkawang sebagai tuan rumah pelaksanaan Raker Apeksi Komwil V Regional Kalimantan ini adalah sebagai implementasi dari Raker Apeksi sebelumnya yang dilaksanakan di Kota Tarakan pada bulan November 2021.

“Sedangkan tema dari pelaksanaan Raker Apeksi ini adalah Smart City sebagai solusi masalah di perkotaan,” tuturnya.

Dalam raker ini juga, Pemkot Singkawang akan mendatangkan narasumber dari Kemenkominfo dan Kemendagri.

Sumastro menyebutkan dari informasi terakhir wali kota yang akan hadir antara lain, Wali Kota Tarakan beserta istri, Wakil Wali Kota Bontang, Wakil Wali Kota Samarinda beserta istri dan pejabat Asisten Balik Papan.

Kemudian, Wakil Wali Kota Banjar Baru beserta istri, Asisten Pemerintahan Banjarmasin, Wali Kota Palangkaraya beserta istri dan Wali Kota Pontianak beserta istri.

“Kabarnya Wali Kota Palangkaraya saat ini sedang dalam perjalanan menuju Kota Singkawang melewati jalur darat dengan membawa rombongan yang cukup banyak,” ujarnya.

Para peserta Apeksi Komwil V Regional Kalimantan dipastikan akan tiba pada Selasa (15/3). Dimana rangkaian acaranya diawali dengan olahraga bersama berupa Funbike dari Mahkota Hotel (star) dan finis di Taman Cahaya Madani Gayung Bersambut, Rabu (16/3).

Kemudian, diisi dengan penanaman pohon bersama dan memasukkan bola ke dalam ring basket.

Sedangkan Kamis (17/3) diisi dengan acara City Tour mengunjungi beberapa lokasi yang dianggap menarik di Kota Singkawang.

“Seperti Rumah Adat Dayak atau Rumah Betank, Borneo Word Furnitur, ke tempat pembuatan kerajinan keramik Sakok dan Kuliner Expo di Rumah Adat Melayu,” tuturnya.

Sedangkan Kamis malam, akan ada acara makan malam bersama dengan menyuguhkan berbagai hiburan kesenian, film singkat tentang Singkawang dan fashion show dengan menampilkan para model dengan kemasan batik daerah.

Selanjutnya, Jumat (18/3), akan diadakan inti dari Raker Apeksi di Hotel Mahkota Singkawang.

Sementara para istri dan rombongan akan melaksanakan Ladies Program di obyek wisata baru di Kelurahan Bagak Sahwa dan Kawasan Tradisional Marga Tjhia sambil mengikuti proses pembuatan choupan. “Kemudian ada gelar produk UMKM di Vila Bukit Mas,” ujarnya.*