Edi minta puskesmas di Pontianak mengoptimalkan pelayanan kesehatan

Edi minta puskesmas di Pontianak mengoptimalkan pelayanan kesehatan



Pontianak (ANTARA) – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta puskesmas-puskesmas di wilayahnya mengoptimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat, ia mengatakan bahwa puskesmas yang bangunannya sudah bagus seperti UPT Puskesmas Alianyang di Kelurahan Sungai Bangkong, Kecamatan Pontianak Kota, harus membaguskan pelayanan.

Saat mengunjungi Puskesmas Alianyang di Jalan Pangeran Natakusuma, Wali Kota mengatakan bahwa puskesmas sebaiknya memasang rambu-rambu alur pelayanan untuk memudahkan warga yang hendak berobat.

“Dengan petunjuk-petunjuk yang jelas, masyarakat atau pasien yang datang berobat tidak lagi kebingungan harus ke mana,” katanya.

Ia mengemukakan pentingnya pengelola puskesmas berinovasi untuk memudahkan warga mengakses pelayanan kesehatan, misalnya dengan menyediakan aplikasi mengenai informasi pelayanan kesehatan.

Selain itu, ia mengatakan, kepala puskesmas dan seluruh petugas puskesmas harus memastikan warga mendapat pelayanan kesehatan yang optimal.

“Sehingga masyarakat yang datang ke puskesmas ini mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu mengatakan bahwa Puskesmas Alianyang menyediakan pelayanan kebidanan dasar dan memiliki ruang rawat persalinan dengan lima tempat tidur.

“Di Puskesmas Alianyang ini juga terdapat pelayanan fisioterapi, yang mana pelayanan itu baru dua puskesmas yang menyediakannya,” katanya.

Sidiq berharap Puskesmas Alianyang bisa menjadi puskesmas unggulan.

“Kita harapkan inovasi-inovasi yang sudah pernah diraih oleh Puskesmas Alianyang ini terus dikembangkan,” katanya.