Sekda Ketapang hadiri prosesi ziarah peringatan hari jadi Ketapang ke 604

Sekda Ketapang hadiri prosesi ziarah peringatan hari jadi Ketapang ke 604



Ketapang (ANTARA) – Bupati Ketapang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Alexander Wilyo menghadiri ziarah menjelang peringatan Hari Jadi Ketapang ke-604 Tahun 2022 di Makam Keramat Sembilan Desa Negeri Baru Kecamatan Benua Kayong, Kamis.
 
Kegiatan prosesi ziarah tersebut diawali dengan dengan pembacaan tahlilan. Setelah itu dilanjutkan pembacaan sejarah hari jadi Ketapang serta disambung sambutan dari Ketua Lawang Kekayuan dan Ketua Panitia Peringatan Hari Jadi Ketapang ke-604, Edy Radiansyah.

Sekda dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa ziarah yang dilaksanakan ini bukan hanya rutinitas tahunan belaka. Tetapi merupakan amanah dari Peraturan Daerah Kabupaten Ketapang nomor 7 tahun 2021 tentang penetapan hari jadi Ketapang serta Perbup nomor 5 tahun 2020 tentang tata cara peringatan hari jadi Ketapang.

“Ziarah ini juga menjadi momen untuk meneladani sifat-sifat baik dari para pendahulu Ketapang yang dapat kita wariskan dalam mengisi. Serta melanjutkan pembangunan di Ketapang yang kita cintai ini,” ucap Sekda saat membacakan sambutan Bupati Ketapang.

Sekda juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan selamat memperingati hari jadi Ketapang yang ke-604 tahun 2022. “Semoga Ketapang yang kita cintai ini semakin maju, berkembang dan sejahtera,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Sekda juga menyampaikan tali asih kepada penjaga Makam Keramat Sembilan dan Keramat Tujuh. Serta penjaga Keraton Matan Tanjungpura dan penjaga makam bersejarah lainnya.

Selanjutnya Sekda Ketapang bersama Ketua Panitia, Ketua Ikramat dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) juga mengganti kain Sungkup makam dan tabur bunga. Di akhir kegiatan ziarah juga dibagikan cenderamata batu kecubung kepada undangan yang hadir dan menyantap makanan khas Ketapang Ketupat Colet.