Wabup Kapuas Hulu bertemu Sandiaga Uno bahas wisata Danau Sentarum

Wabup Kapuas Hulu bertemu Sandiaga Uno bahas wisata Danau Sentarum



Kapuas Hulu (ANTARA) – Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat sempat menyinggung potensi wisata Danau Sentarum saat bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara peluncuran peluncuran Kalender Event Wisata Kalimantan Barat, di Pontianak.

“Saya semalam berbincang wisata Danau Sentarum termasuk rencana Festival Danau Sentarum bersama Pak Sandiaga Uno,” kata Wahyudi Hidayat, dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Disampaikan Wahyudi, Festival Danau Sentarum masuk dalam Kalender Event Wisata Kalimantan Barat, sehingga perlu terus di dorong baik itu promosi mau pun pengembangan wisata tersebut.

Menurut dia, Pemkab Kapuas Hulu akan terus berupaya mengembangkan dan menggali potensi wisata Kapuas Hulu termasuk wisata Danau Sentarum yang sudah di kenal dunia.

“Kita terus berupaya menjalin komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui kementerian terkait, sehingga potensi wisata yang kita miliki mendatangkan pertumbuhan ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat,” ucap Wahyudi.

Dikatakan Wahyudi, dalam pengembangan potensi pariwisata pemerintah terus berupaya, namun hal tersebut tidak terlepas dari dukungan masyarakat setempat.

Ia meminta agar masyarakat lebih mempersiapkan diri dengan berbagai produk unggulan serta memberikan pelayanan terbaik kepada setiap wisatawan yang datang dengan kearifan lokal yang dimiliki.

“Saat Festival Danau Sentarum jangan mengambil kesempatan untuk mencari keuntungan sebesar-besarnya, sehingga membuat pengunjung mengeluh, baik pelayanan mau pun stand, berikan kenyamanan dan pelayanan dengan harga terjangkau, karena itu sangat penting agar wisatawan betah dan tidak mengeluh,” ujarnya.

Wahyudi mengatakan Pemkab Kapuas Hulu akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan siap berkolaborasi dalam pengembangan potensi wisata Kapuas Hulu.

“Kita siap berkolaborasi dengan pihak kementerian pariwisata termasuk juga mendorong ekonomi kreatif masyarakat menuju Kapuas Hulu Hebat,” kata Wahyudi.

Festival Danau Sentarum merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata yang ada.

Danau Sentarum sendiri masuk kawasan Taman Nasional Danau Sentarum yang berada di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia dan bisa di akses melalui Lanjak Kecamatan Batang Lupar wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.**1**