RSUD M. Th. Djaman Kabupaten Sanggau mengadakan Pelatihan “Basic Trauma and Cardiac Life Support (BT-CLS)” di Era New Normal

RSUD M. Th. Djaman Kabupaten Sanggau mengadakan Pelatihan “Basic Trauma and Cardiac Life Support (BT-CLS)” di Era New Normal


– RSUD M. Th. Djaman berkerjasama dengan Himpunan Perawat Gawat Darurat Indonesia (HIPGABI) daerah Provinsi Kalimantan Barat mengadakan pelatihan tentang “Basic Trauma and Cardiac Life Support (BT-CLS)” di era new normal yang diadakan dan difasilitasi RSUD M. Th. Djaman Kabupaten Sanggau.
Narasumber dalam pelatihan BT-CLS ini adalah Perawat Pendidik dan Praktisi dari HIPGABI Provinisi Kalimantan Barat dan peserta dalam pelatihan ini adalah tenaga kesehatan perawat dan bidan RSUD M. Th. Djaman Kabupaten Sanggau dengan jumlah 40 tenaga kesehatan. Pelatihan BT-CLS di era new normal ini mewajibkan bagi peserta untuk melakukan test Swab Antigen sebagai syarat mengikuti pelatihan.
Adapun metode pelatihan BT-CLS yang dilaksanakan di RSUD M. Th. Djaman yaitu diskusi dan Brainstroming, Problem and Project Based Learning, Dinamika Kelompok, Demonstrasi dan Simulasi (Praktikum Lab), Pre Test dan Post Test, dan Skill Exam (Case Focused).
BT-CLS menjadi pelatihan yang mendasar bagi tenaga kesehatan perawat atau tenaga kesehatan lainnya guna menangani kasus kegawatdaruratan dikarenakan trauma dan gangguan kardiovaskuler. Pelatihan ini bertujuan agar peserta dapat merawat pasien dengan kasus trauma dan jantung sehingga diharapkan dapat menekan tingkat kematian dan kecacatan. Pelatihan BT-CLS ini dilaksanakan selama 5 hari, yang dimulai pada tanggal 8 Maret hingga 12 Maret 2022.