Menparekraf bakal promosikan produk UMKM Kubu Raya di Mandalika



Pontianak (ANTARA) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya akan mempromosikan sejumlah produk UMKM Kabupaten Kubu Raya pada Kejuaraan Motor GP di Sirkuit Mandalika.

“Sebagai komitmen kita untuk membantu mempromosikan produk UMKM, khususnya yang bergerak di bidang ekonomi kreatif, kita akan membawa beberapa produk dari Kubu Raya untuk di promosikan di Sirkuit Mandalika pada kejuaraan Motor GP nanti,” kata Menparekraf Sandiaga di Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya saat menanggapi permintaan pemerintah kabupaten (pemkab) dan pelaku usaha di Kubu Raya yang meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membantu mempromosikan produk pelaku usaha di kabupaten itu.

“Salah satu produk yang akan kita bawa seperti anyaman bakul dari perajin di Kubu Raya, yang akan kita bawa ke kejuaraan MotoGP Mandalika, serta beberapa akan kita bantu juga promosikan di ajang G20,” tuturnya.

Untuk memaksimalkan potensi wisata mangrove di Eko Wisata Teluk Berdiri Sungai Kupah, Kabupaten Kubu Raya, Menparekraf juga memberikan sejumlah bantuan untuk memaksimalkan kunjungan wisata di objek wisata tersebut.

Seperti kita ketahui, lanjutnya, Kubu Raya ini merupakan surganya mangrove, karena luasan lahan mangrove sangat besar.  Menparekraf Sandiaga Uno yakin jika wisata mangrove itu optimalkan, maka ke depan mata dunia akan tertuju ke Kubu Raya.

“Untuk itu kepada masyarakat, mari kita tanam mangrove sebanyak-banyaknya agar Kubu Raya menjadi pabrik oksigen terbaik yang dimiliki dunia,” tuturnya.