Categories: Antaranews

KPU Kayong Utara deklarasikan zona integritas menuju WBK – WBBM



Pontianak (ANTARA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kayong Utara (KKU), Kalimantan Barat mendeklarasikan pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

“KPU KKU melaksanakan pencanangan zona integritas tidaklah sendiri, melainkan seluruh jajaran KPU di Kalimantan Barat juga melaksanakan hal serupa sebagai salah satu komitmen KPU dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan dalam undang-undang serta merupakan jaminan integritas KPU,” ujar Ketua KPU KKU, Rudi Handoko saat dihubungi di Sukadana, Kamis.

Baca juga: Siapkan Pemilu 2024, Pemda dukung penuh KPU Kayong Utara

Ia berharap semoga pencanangan yang ada menjadi awal yang baik menuju KPU yang lebih berintegritas.

“Tentu semua butuh dukungan semua pihak,” harap dia.

Deklarasi tersebut dihadiri forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) dan lembaga Vertikal di Kayong Utara.

Baca juga: Bupati Kayong Utara tegaskan dukung KPU dalam program kepemiluan

Dalam pencanangan juga dihadiri Wakil Bupati Kayong Utara, Effendi Ahmad. Pada kesempatan tersebut ia menyampaikan, bahwa KPU sebagai penyelenggara pemilu memiliki potensi dan peluang besar terjadinya praktik-praktik penyalahgunaan kewenangan. Sehingga dengan dapat mencederai integritas dalam pelaksanaan demokrasi. Maka sangat perlu adanya pencanangan zona integritas menuju WBK dan WBBM. Hal itu menjadi keyakinan bahwa KPU mampu dapat mengemban amanah dalam penyelenggaraan pemilu dan pemilihan.

“Selaku pemerintah kabupaten, saya mendukung upaya KPU Kabupaten Kayong Utara untuk menjadi lembaga yang berintegritas, bersih dan mampu melayani seperti tugas dan fungsi yang melekat di lembaga publik,” kata Efendi Ahmad.

Baca juga: Kayong Utara dukung penuh pemuktahiran data pemilih oleh KPU

Menurutnya, pada 2022 yang merupakan tahun dimulainya tahapan Pemilu, KPU memiliki beban dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya dalam pelaksanaan semua tahapan itu, dimana semua akan dibiayai dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Kita bersama sama menjadi lembaga yang melayani masyarakat, pastikan kita mampu mewujudkan sebagai lembaga yang dapat melaksanakan amanah pelayanan yang prima,” tegas Effendi.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

Pemkab Sanggau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII, dengan mengusung tema: “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. Upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh…

22 menit lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Iklan Ajakan Mendaftar Paylater BCA dan Upgrade Kartu Kredit BCA – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah iklan di media sosial Instagram yang mengiklankan ajakan mendaftar payla?er Bank Central Asia (BCA) dan upgrade kartu kredit BCA. Akun-akun yang beredar tersebut menggunakan nama dan logo dari BCA. Dilansir dari…

3 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pemerintah Indonesia Setuju Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel pada April 2024 – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan di media sosial Instagram yang mengatakan adanya proses normalisasi hubungan bilateral antar pemerintah Indonesia dengan Israel. Dalam keteranganya disebutkan bahwa media-media Israel menyatakan Pemerintah Indonesia setuju untuk membangun hubungan diplomatik…

3 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Rumah di Kampung Ponton, Kota Palangkaraya Dibakar – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar informasi yang mengeklaim kebakaran rumah di kawasan permukiman Kampung Ponton, Kota Palangkaraya. Adapun rumah yang terbakar tersebut sengaja dibakar oleh oknum tak bertanggung jawab. Faktanya, informasi yang mengeklaim kebakaran rumah di kawasan…

3 jam lalu