Dinsos Kapuas Hulu bantu tiga anak yang ditelantarkan orang tuanya

Dinsos Kapuas Hulu bantu tiga anak yang ditelantarkan orang tuanya



Kapuas Hulu (ANTARA) – Dinas Sosial (Dinsos) Kapuas Hulu memberikan bantuan anak piatu yang ditelantarkan orang tuanya di Rumah Betang Dusun Panggilingan Desa Sibah Hilir Kecamatan Putussibau Utara wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat.

“Tiga anak itu ditelantarkan ayah kandungnya, saat ini mereka (anak) tinggal bersama kakek dan neneknya yang sudah lanjut usia,” kata Kepala Dinas Sosial Kapuas Hulu Martha Banang, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Diceritakan Martha, ketiga anak itu ditinggal ibu kandungnya meninggal dunia empat tahun lalu karena menderita sakit ginjal.

Sedangkan, ayah kandungnya, selama dua tahun terakhir tidak menafkahi bahkan tidak bisa dihubungi dan tidak tahu keberadaannya.

Saat ini, anak pertama bernama Ucok Sihotang duduk di bangku kelas IV SD, Alxius Sihotang kelas II (dua) SD dan untuk Aprielo Sihotang belum sekolah.

Menurut Martha, untuk sementara ketiga anak tersebut diasuh oleh kakek neneknya  yang sudah lanjut usia dan juga sakit-sakitan.

“Cukup prihatin dengan nasib ketiga anak itu, sehingga kami bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas mendatangi ketiga anak tersebut dan menyerahkan bantuan,” kata Martha.

Ada pun bantuan yang diserahkan berupa seragam sekolah, pakaian harian anak-anak, paket makanan, selimut dan matras.

Ia pun mengajak masyarakat Kapuas Hulu untuk bersama-sama memberikan perhatian terhadap anak piatu terlebih lagi untuk ketiga anak yang berada di Desa Sibau Hilir.

Martha menyebutkan kedepannya Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui dinas sosial akan lebih memberikan perhatian kepada tiga orang anak tersebut.

“Apa yang kami salurkan kemarin, hanya sekedar meringankan beban kakek neneknya, ke depan tiga anak itu akan menjadi perhatian kami,” ujarnya.

Ia juga berharap ada pihak lain yang bisa membantu ketiga anak tersebut, dengan harapan agar anak-anak itu nantinya tumbuh dan berkembang sehingga kelak bisa menjadi anak yang berakhlak baik berguna bagi masyarakat dimana pun kelak mereka berada.**3**