CU Sari Intugin dorong ekonomi pedesaan di Sambas

CU Sari Intugin dorong ekonomi pedesaan di Sambas



Pontianak (ANTARA) – Credit Union (CU) Sari Intugin terus ikut mendorong ekonomi pedesaan di Sambas, Kalimantan Barat dengan memaksimalkan kekuatan sumber daya dimiliki agar manfaat terus hadir secara luas.

“Sebagaimana dengan semangat dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang baru digelar yakni bergerak, berkolaborasi dan berkelanjutan maka kami terus akan melakukan pemberdayaan masyarakat rentan dan marginal secara ekonomi, kapasitas, dan kelembagaan. Oleh karenanya peran aksi kolaborasi multi pihak dalam bergerak bersama dalam mendorong kekuatan ekonomi pedesaan menjadi sangat penting,” ujar Ketua Pengurus CU Sari Intugin, Iskandar saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Ia berharap dan optimis CU Sari Intugin terus dapat berkontribusi terhadap pencapaian penguatan literasi keuangan di  Kabupaten Sambas.

“Literasi dan inklusi keuangan melalui CU terus dimaksimalkan agar masyarakat menjadi lebih kuat dan berdaya,” kata dia.

Terkait RAT yang baru digelar menurutnya adalah forum tertinggi dalam organisasi koperasi. Melalui forum tahunan tersebut diketahui tingkat kemajuan dan keberhasilan koperasi dalam mengelola usahanya.

“RAT sekaligus menjadi forum strategis untuk mempertanggungjawabkan segala upaya yang dilakukan pengurus kepada anggota dan badan pengawas dalam memajukan usaha koperasi selama satu tahun,” kata dia.

Ia menyatakan bahwa RAT ini diharapkan juga dapat menjalin komunikasi yang sinergis antara pengurus dan anggota.

“Karena itu, setiap kritik, saran, dan masukan yang konstruktif dari anggota koperasi akan menjadi rekomendasi dan pertimbangan demi kemajuan koperasi,” jelas dia.

Mewakili Bupati Sambas, hadir Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Sambas menyampaikan sambutan dan apresiasi. Undangan lain yang juga datang dan memberikan sambutan pada acara pembukaan RAT adalah  Kabid Perizinan dan Kelembagaan Dinas Koperasi UKM Kalbar, anggota pengurus PUSKOPCUINA, serta Direktur Lembaga Gemawan Laili Khairnur yang juga penasihat CU Sari Intugin.

Iskandar sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kehadiran undangan dan peserta sehingga kegiatan RAT dapat berlangsung dengan baik, lancar, dan sukses. “Bersama ini, saya juga sampaikan terima kasih kepada para panitia yang telah menyisihkan waktu untuk mempersiapkan forum ini di tengah kesibukan mereka” ucapnya.

Dalam RAT CU Sari Intugin Tahun Buku 2021 dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Pada masa pandemi, peserta RAT dibatasi berjumlah 50 orang. Agenda dalam RAT itu sendiri yakni pengesahan jadwal acara sidang dan pengesahan tata tertib, pengesahan Laporan Pengurus dan Laporan Hasil Pengawasan Pengawas, serta pengesahan program kerja 2022.