Pontianak optimistis bisa raih predikat kota layak anak

Pontianak optimistis bisa raih predikat kota layak anak



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kota Pontianak di Provinsi Kalimantan Barat optimistis bisa kembali meraih predikat kota layak anak pada tahun 2022, setelah tiga kali mendapat penghargaan kota layak anak kategori pratama dan kategori madya.

Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan usai membuka rapat koordinasi persiapan penilaian Kota Layak Anak di Pontianak, Selasa, mengemukakan perlunya evaluasi setelah Pontianak pada 2021 kembali mendapat penghargaan kategori pratama, lebih rendah dari penghargaan kategori madya yang diterima tahun sebelumnya.

“Di antaranya karena belum adanya beberapa peraturan daerah (perda) maupun kebijakan yang seharusnya telah dimiliki oleh Pemerintah Kota Pontianak yang berkaitan dengan pemenuhan hak-hak anak,” katanya.

Baca juga: Pemerintah Kota Pontianak komitmen dalam pemenuhan hak anak

Ia menjelaskan, Kota Pontianak antara lain belum memiliki peraturan daerah mengenai fasilitas kesehatan dengan pelayanan ramah anak, pencegahan perkawinan anak, rumah ibadah ramah anak, ruang bermain ramah anak, sekolah ramah anak, dan pendidikan anak usia dini holistik integratif.

Pemerintah kota berupaya melakukan perbaikan agar bisa memperoleh penghargaan kota layak anak dengan kategori yang lebih tinggi tahun ini.

Bahasan mengatakan bahwa Tim Gugus Tugas Kota Layak Anak sudah siap mengikuti tahapan-tahapan penilaian kota layak anak meski pengalihan penggunaan anggaran pada tahun 2020 sempat menimbulkan kendala dalam pelaksanaan program-program untuk mewujudkan kota layak anak.

“Tahun 2022 ini meskipun masih dengan keterbatasan anggaran kita anggarkan kembali untuk mewujudkan KLA lebih maksimal,” katanya.

Baca juga: Program Taman Emas Pertamina jadi bagian gugus tugas kabupaten layak anak di Kubu Raya
Baca juga: Pontianak komitmen dalam pemenuhan hak anak