Bupati dan Wabup Ketapang akan mewujudkan program Panca Karya

Bupati dan Wabup Ketapang akan mewujudkan program Panca Karya



Pontianak (ANTARA) – Wakil Bupati Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat, Farhan mengatakan, dirinya bersama Bupati Ketapang Martin Rantan akan mewujudkan program Panca Karya pada lima tahun kepemimpinan mereka di kabupaten itu.

“Hari ini genap satu tahun pemerintahan saya dan pak Bupati di Ketapang. Sesuai dengan visi dan misi kami, kami akan mewujudkan lima langkah strategis dalam program pembangunan yang disebut Panca Karya yakni Ketapang sehat. Kemudian, Ketapang cerdas, Ketapang nyaman, Ketapang peduli dan Ketapang sejahtera,” kata Farhan saat mendampingi Bupati Ketapang, Martin Rantan pada kegiatan Kaleidoskop satu tahun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang 2021-2026 di Ketapang, Rabu.

Farhan memaparkan, misi Bupati dan Wabup Ketapang 2021-2026 yaitu, mewujudkan pemerintah yang handal, bersih terpercaya dan berwibawa dalam pelayanan publik, melanjutkan peningkatan pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM memiliki daya saing. 

Pihaknya juga berkomitmen untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa yang merata dan berkeadilan, memperkokoh landasan perekonomian masyarakat serta pengelolaan dan pemanfaatan SDA untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Ketapang. 

“Kita juga mencanangkan 10 proyek strategis daerah, antara lain food estate dan kawasan agropolitan, kawasan Potensial Cepat Tumbuh (KPCT) Kuala Tolak-Kuala Satong, pengembangan Bandara Rahadi Usman, penataan pelabuhan dan bandara, peningkatan ruas jalan kabupaten dan pembangunan ruas jalan baru serta jembatan Pawan 6,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga akan mengembangkan desa mandiri atau Desa Fokus dan Desa Mapan, rencana pendirian pembangunan perguruan tinggi, peningkatan tipe rumah sakit, pelestarian dan pengembangan budaya serta persiapan pembentukan daerah otonomi baru.

“Semua proyek strategis daerah ini diharapkan mempunyai daya ungkit ekonomi secara langsung atau tidak langsung kepada Kabupaten Ketapang. Sehingga tercapailah Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Martin berterima kasih kepada seluruh pemangku kebijakan baik eksekutif, legislatif dan yudikatif. Serta masyarakat yang sudah mendukung kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati sampai satu tahun ini.

“Tadi telah disampaikan kaleidoskop, begitu banyak yang sudah dilakukan Pemkab Ketapang. Tapi itu semua tentu belum bisa memuaskan semua orang,” katanya.

Menurutnya banyak keterbatasan yang perlu dukungan dari semua pihak untuk melengkapi kekurangan pada Pemkab Ketapang. “Kami tidak bisa berbuat tanpa dukungan dari semua pihak,” kata Martin.