Categories: Antaranews

PLN nyalakan listrik dua desa di Ketapang, kucurkan investasi Rp4,2 Miliar



Ketapang (ANTARA) – Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI, Maman Abdurrahman, didampingi General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, dan Wakil Bupati Ketapang, Farhan, melakukan penyalaan listrik secara simbolis di Desa Sukasari dan Desa Tanah Hitam, Kecamatan Singkup, Kabupaten Ketapang, pada Sabtu (26/2) kemarin.

“Penantian panjang untuk dapat menikmati listrik PLN kini telah berakhir. Kini kami dapat melakukan aktivitas dirumah lebih mudah, tanpa tergantung dengan mesin genset lagi. Anak-anak pun lebih nyaman belajar di rumah,” ungkap Iyah (32), warga Desa Sukasari.

Baca juga: 142 rumah warga kurang mampu di Ketapang – KKU dapat listrik gratis dari PLN

Menurutnya, menggunakan listrik PLN tentunya dapat menghemat pengeluaran rutin bulanan. Untuk operasional mesin genset yang dikelola oleh Pemerintah Desa, dirinya harus mengeluarkan biaya sekitar 600 hingga 700 ribu rupiah. Itu pun hanya beroperasi selama 12 jam perharinya.

“Menggunakan listrik PLN pastinya jauh lebih hemat. Saya juga bisa membeli lemari pendingin serta mengembangkan usaha di warung,” tutur Iyah bersemangat.

Menurut General Manager PLN Kalbar, Ari Dartomo, untuk melistriki 526 rumah warga di kedua desa tersebut, pihaknya telah melaksanakan pembangunan perluasan Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 9,54 kms, Jaringan Tegangan Rendah JTR sepanjang 8,79 kms, dan 3 unit gardu distribusi berkapasitas 300 kVA, dengan total investasi senilai Rp. 4.242.092.656,-

Baca juga: PLN Ketapang sosialisasi keselamatan ketenagalistrikan kepada pedagang

“Ini merupakan komitmen kami untuk terus melaksanakan pembangunan dan perluasan infrastruktur kelistrikan agar semakin banyak masyarakat di pelosok desa yang dapat menikmati listrik dari PLN, tentunya disesuaikan dengan kemampuan anggaran yang dimiliki oleh perusahaan,” ungkap Ari.

Desa Sukasari yang terdiri dari Dusun Melu Sari, Dusun Bangun Sari, Dusun Mekar Sari, dan Dusun Makmur Sari sebelumnya menggunakan mesin genset yang dikelola secara mandiri oleh warga dengan kapasitas 2 X 150 kW. Sementara untuk Desa Tanah Hitam yang terdiri dari Dusun Dabu dan Dusun Sumpai mayoritas warganya menggunakan mesin genset untuk penerangan di rumah.

“Kami berharap, kehadiran listrik PLN dapat semakin memudahkan aktivitas warga serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat Desa Sukasari dan Desa Tanah Hitam, serta desa-desa yang ada di sekitarnya,” tutur Ari.

Baca juga: Skuter – motor listrik dukung pelaku UMKM di Kota Ketapang

Selanjutnya Ia berharap agar masyarakat turut peduli untuk menjaga infrastruktur kelistrikan yang sudah dibangun, serta berpartisipasi dalam menjaga keandalan pasokan listrik , minimal dengan cara mengikhlaskan pohon atau tanam tumbuh yang dimiliki untuk dapat ditebang oleh petugas PLN.

Ia juga menyebutkan agar masyarakat dapat menggunakan listrik dengan cara yang bijak dan benar serta memahami aspek-aspek keselamatan dan kesehatan ketenagalistrikan untuk menekan potensi terjadinya kecelakaan listrik, baik yang terjadi pada jaringan listrik milik PLN maupun instalasi listrik di rumah masing-masing.

“Listrik ini sejatinya milik kita bersama, karena kita juga yang menikmatinya. Untuk itu perlu kepedulian kita untuk menjaganya,” tegas Ari.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI, Maman Abdurrahman, mengapresiasi upaya PLN yang telah melistriki banyak desa dan dusun yang ada di Kalimantan Barat.

Dikatakannya, melistriki seluruh desa yang ada di Kalbar merupakan tugas bersama untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat agar dapat menikmati hidup sebagai bagian dari bangsa Indonesia yang berkeadilan sosial.

Baca juga: Ribuan warga Ketapang – KKU antusias download aplikasi PLN Mobile

“Hari ini warga Desa Sukasari dan Desa Tanah Hitam adalah masyarakat yang beruntung karena telah lebih dulu menikmati listrik dari PLN. Mari kita do’akan dan terus berjuang agar saudara-saudara kita yang belum menikmati listrik PLN dapat segera menikmatinya,” ujar Maman.

Ia juga menegaskan agar sinergitas antara PLN, Pemerintah Daerah/Kabupaten, dan para Anggota Legislatif yang berasal dari Kalbar dapat terus ditingkatkan agar banyak memberikan manfaat bagi masyarakat.

Senada, Wakil Bupati Ketapang, Farhan, juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah dan PLN yang telah berupaya keras untuk melistriki desa-desa yang ada di Kalbar. Menurutnya, listrik merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat untuk mencapai kemajuan. Dengan adanya listrik masyarakat semakin cerdas, perekonomian pun semakin meningkat.

“Atas nama masyarakat Kabupaten Ketapang, khusus warga Kecamatan Singkup, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah dan PLN atas listrik yang telah mengalir di dua desa ini,” pungkas Farhan.

Baca juga: PLN Ketapang komitmen amankan pasokan listrik saat Natal – Tahun Baru




Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

1 hari lalu