Bupati Kapuas Hulu: Pramuka sebagai agen perubahan atasi krisis kebangsaan

Bupati Kapuas Hulu: Pramuka sebagai agen perubahan atasi krisis kebangsaan


Kapuas Hulu (ANTARA) – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengatakan keberadaan pramuka sebagai agen dalam perubahan untuk generasi muda dalam menghadapi krisis kebangsaan di tengah perkembangan teknologi.

“Pramuka harus menjadi agen perubahan untuk generasi muda Indonesia agar bisa kontribusi untuk bangsa dan negara,” kata Fransiskus Diaan, saat dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Pramuka Kapuas Hulu, Kalbar, Selasa.

Disampaikan Fransiskus, di tengah perkembangan teknologi, generasi muda tidak hanya krisis kebangsaan, namun sikap individualisme dan acu terhadap ideologi bangsa.

Menurut dia, selama ini keberadaan pramuka sudah sangat membantu pemerintah, khususnya di wilayah Kapuas Hulu.

“Kami rasakan pramuka sangat membantu, terutama dalam kegiatan sosial, penanganan bencana pramuka selalu cepat hadir di tengah masyarakat,” kata Fransiskus.

Ia juga mengatakan pramuka telah membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19, untuk percepatan vaksinasi.

“Kerjasama yang terjalin selama ini harus terus dijaga, pramuka memiliki peran strategis dalam membantu pemerintah terutama dalam mendidik karakter kaum muda untuk mempertahankan ideologi negara,” pintanya.***3***

Caption: Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan saat dilantik menjadi Ketua Majelis Pembina Cabang Pramuka Kapuas Hulu oleh Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Barat Syarif Abdullah Alkadrie. ANTARA/Teofilusianto Timotius (Teofilusianto Timotius)