Bengkayang kekurangan 1.351 guru berstatus PNS

Bengkayang kekurangan 1.351 guru berstatus PNS



Bengkayang (ANTARA) – Bupati Bengkayang, Kalimantan Barat Sebastianus Darwis menyatakan hingga saat ini daerah itu kekurangan 1.351 tenaga pendidik atau guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan ditempatkan di 17 kecamatan di daerah setempat.

“Tenaga pendidik berstatus PNS di Bengkayang masih sangat minim dan kami kekurangan 1.351 guru untuk 122 desa di 17 kecamatan,” kata Sebastianus Darwis di Bengkayang, Jumat.

Darwis mengatakan kekurangan tenaga pendidik itu menjadi tantangan Pemkab Bengkayang. Ia meminta agar guru yang ada saat ini untuk tetap disiplin dalam melaksanakan tugas.

Menurut Darwis, Pemda Bengkayang dan organisasi perangkat daerah terus melakukan sosialisasi terkait pendisiplinan guru di setiap daerah.

“Kami tetap lakukan pengawasan dan monitoring, sehingga guru yang ada saat ini dapat bekerja menjalankan tugas secara profesional dan disiplin,” kata Darwis.

Ia mengatakan tahun 2021 Kabupaten Bengkayang sempat kekurangan tenaga pengajar sebanyak 3.000 orang, bahkan setiap tahun sekitar 100 hingga 200 guru memasuki masa pensiun.

“Persoalan itu sungguh menjadi dilema kami, sedangkan penerimaan CPNS guru sangat minim dari pusat,” ujarnya.