Categories: Antaranews

Polisi tangkap tujuh pelaku PETI di Sungai Raya



Pontianak (ANTARA) – Kepolisian Resor Bengkayang, Kalimantan Barat menangkap tujuh orang pelaku atau penambang emas tanpa izin (PETI) di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya.

“Ketujuh penambang emas tanpa izin itu kami tangkap saat mereka melakukan aktivitas menambang,” kata Kasatreskrim Polres Bengkayang, Iptu Ambril saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Dia menjelaskan, sebenarnya ada sembilan orang yang ditangkap, setelah menjalani pemeriksaan, dua masih berstatus sebagai saksi dan tujuh diduga kuat sebagai pelaku.

“Adapun barang bukti yang diamankan tersebut, di antaranya mesin dompeng, selang spiral dan jeriken,” ungkapnya.

Ambril juga menyatakan, pelaku penambangan tanpa izin tersebut bukanlah warga Bengkayang, namun dari beberapa kabupaten/kota di Kalbar.

“Para pelaku ada yang berasal dari Kabupaten Sekadau, Kota Singkawang, Sintang bahkan luar Kalbar,” katanya.

Dia menambahkan, penangkapan para pelaku itu merupakan hasil operasi penangkapan yang pihaknya lakukan secara senyap yang juga berdasarkan laporan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas ilegal yang berdampak pada merusak lingkungan, salah satunya aktivitas Peti itu.

“Kami juga meminta kepada masyarakat agar melaporkan kalau melihat atau mendengar ada aktivitas ilegal di lingkungannya, agar bisa dengan cepat diproses hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Adapun dasar penindakan aktivitas penambangan ilegal tersebut, yaitu Undang-Undang nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja, tentang Perubahan atas Undang-Undang nomor 03 tahun 2020 tentang Perubahan atas Undang-Undang nomor 04 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

14 jam lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

14 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

14 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu