Sosialisasi Penyusunan dan SKP Jabatan Guru di Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau

Sosialisasi Penyusunan dan SKP Jabatan Guru di Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau


Bertempat di Sekolah Dasar Negeri 24 Engkasai, Kecamatan Jangkang, Kepala Sekolah dan Operator Sekolah Dasar dan Menengah Pertama, mengikuti kegiatan Sosialisasi Pengisian Sasaran Kerja Pegawai, bertindak Narasumber pada kegiatan ini Sri Istiyafatmawati Staf Umum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau Bersama TIM. (Kamis, 24/02/2022)

SKP memuat seluruh kegiatan tugas jabatan dan target yang harus dicapai dalam kurun waktu penilaian, yang bersifat nyata dan dapat diukur. Sasaran kinerja pegawai (SKP) adalah beban kerja yang harus dicapai atau dipenuhi oleh PNS guru dan/atau guru yang mengemban tugas tambahan lain dalam jangka waktu satu tahun. Artinya, sasaran kinerja pegawai disusun berdasarkan beban kerja selama satu tahun.

Penilaian prestasi kerja PNS adalah suatu proses penilaian secara sistematis yang dilakukan oleh pejabat penilai terhadap sasaran kerja pegawai dan perilaku kerja PNS (Pasal 1 ayat 2 PP No. 46 Tahun 2011). Penilaian prestasi kerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang dilakukan berdasarkan sistem prestasi kerja dan sistem karier yang dititikberatkan pada sistem prestasi kerja.

Sri Istiyafatmawati beserta TIM berharap Seluruh ASN dapat memahami mekanisme pengisian SKP sesuai dengan petunjuk yang sudah di berikan secara detail, dan memotivasi Guru di Kecamatan Jangkang,

Dalam kesempatan tersebut Sri Istiyafatmawati beserta TIM juga menceritakan latar belakang lahirnya SKP yang mana sejalan dengan UU No 5 tahun 2014 tentang ASN. Dengan SKP diharap kinerja pegawai jelas, dapat diukur, relevan, dapat dicapai dan memiliki target waktu.

Sosialisasi ini merupakan kesempatan bagi Guru dan Pegawai  untuk memahami bagaimana cara menyusun SKP dan bagaimana cara menilainya. Terbukti dengan antusiasnya para peserta yang mengajukan pertanyaan dan mendapatkan jawaban yang memang berasal dari sumber yang berkompeten. Sri Istiyafatmawati dalam memberikan penjelasan sangat rinci dan jelas sehingga peserta lebih mudah memahami cara menyusun SKP dan cara melakukan Penilaian terhadap prestasi kerja masing masing Guru dan Pegawai.