COOKING CLASS UP. DWP DISKOMINFO  KABUPATEN SANGGAU

COOKING CLASS UP. DWP DISKOMINFO KABUPATEN SANGGAU


Sanggau, 24 Februari 2022

UP. DWP. Diskominfo Kabupaten Sanggau melaksanakan kegiatan ‘cooking class’ yang merupakan program kerja perdana UP. DWP. Diskominfo Kabupaten Sanggau. tahun 2022. Kegiatan dilaksanakan di Kawasan Santana Halaman Mess Pemda Sanggau, dihadiri oleh Ketua UP. DWP Diskominfo Ny. Ernawati Joni Irwanto, seluruh anggota up. dwp. Diskominfo dan anggota luar biasa.  Dalam pelaksanaan kegiatan cooking class mengundang Narasumber Ny. Titin Solihin, dengan menu masakan “ Ayam Taliwang Bumbu Kecombrang dan mengangkat tema “ Memanfaatkan Bunga Kecombrang Sebagai Bumbu Masakan”. Bumbu-bumbu dasar yang digunakan untuk proses memasak ayam taliwang ini sama dengan bumbu dasar lainnya, tetapi yang membuat beda adalah dengan adanya penambahan bunga kecombrang dan buah kecombrang sebagai bumbu alami yang membuat aroma masakan lebih wangi. Kecombrang juga bisa menjadi pengganti asam jawa sebagai bumbu masakan misalnya asam pedas dan sayur asem.Kecombrang atau yang memiliki nama latin Etlingera elatior ini adalah jenis tanaman rempah yang banyak ditemukan di berbagai daerah Indonesia, terutama Kalimatan, Sumatera dan Jawa. Rempah ini banyak dijadikan sebagai campuran atau bumbu penyedap yang memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan. Kecombrang dikenal dengan banyak istilah lain, seperti kantan, honje, kincung, asam cekala, atau sambuang. Adapun kandungan dan manfaat yang terdapat dalam Kecombrang selain sebagai bumbu masakan yaitu :

  • Bersifat antioksidan yang dapat menangkal pengaruh radikal bebas terhadap tubuh.
  • Bersifat antibakteri dan antijamur.
  • Mengobati sakit pada telinga.
  • Mempercepat penyembuhan luka luar.
  • Menstabilkan gula darah dan tekanan darah.
  • Menangkal nyamuk karena kandungan minyak atsiri di dalamnya.

Dengan adanya kegiatan Cooking Class ini menambah informasi dan ilmu baru bagi para peserta yang hadir. Bahwasanya selain sebagai bumbu masakan tetapi banyak sekali manfaat lainnya yang jarang diketahui masyarakat. Oleh karena itu, pemanfaatan sumber daya alam yang sangat banyak didaerah dan sekitar kita harus lebih digali lagi agar lebih bermanfaat untuk kehidupan.

Dengan diadakannya kegiatan pertemuan rutin DWP dan penarikan arisanan bulanan ini dapat meningkatkan rasa solidaritas, kerjasama dalam tim yang kompak,saling memotivasi dan memberikan informasi-informasi terbaru. Peran DWP juga sangat banyak salah satu nya yaitu berkontribusi dalam melindungi, memberdayakan dan memajukan kaum perempuan utamanya para istri ASN. Peran yang tak kalah penting juga adalah sebagai istri ASN yaitu memberikan dorongan serta semangat untuk para suami dalam bekerja agar para suami dapat bekerja dengan maksimal dan displin.