KUA Pontianak catat 10 pasangan menikah pada tanggal 22-02-2022

KUA Pontianak catat 10 pasangan menikah pada tanggal 22-02-2022



Pontianak (ANTARA) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Pontianak yang berada di enam wilayah kecamatan mencatat ada 10 pasangan yang memilih tanggal 22 bulan 02 tahun 2022 yang disebut-sebut tanggal “cantik” sebagai tanggal pernikahan mereka.

KUA di Kecamatan Pontianak Tenggara mencatat ada lima pasangan, kemudian KUA Pontianak Kota satu pasangan, Pontianak Barat satu pasangan, Pontianak Selatan dua pasangan, Pontianak utara satu pasangan, sedangkan untuk KUA Pontianak Timur tidak ada pencatatan.   

Baca juga: Warga Pontianak pilih tanggal 2-2-2020 untuk menikah

“Untuk KUA Pontianak Tenggara ini ada lima pasang yang melangsungkan pernikahan pada hari ini dan di jam yang sama.” kata Kepala KUA Pontianak Tenggara, Misni, saat ditemui di Pontianak, Selasa.

Dia menambahkan, karena saat ini sedang masa pandemi, maka proses pernikahan di KUA setempat mengikuti aturan pernikahan di masa pandemi COVID-19, yaitu harus mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Penghulu KUA Pontianak Timur, Helman menjelaskan, mengenai pernikahan pada tanggal “cantik” 22/02/2022, bukan salah satu bagian istimewa untuk melangsungkan pernikahan. 

Baca juga: Sekarang waktunya yang tepat untuk menikah bebas ruwet

“Apalagi kalau saat ini merupakan hari kerja,” katanya.

Dia menambahkan, untuk hari ini memang tidak ada yang menikah khususnya di KUA Pontianak Timur. Kebanyakan warga setempat memilih menikah pada hari Jumat karena mencari berkahnya. “Atau hari Sabtu dan Minggu pas libur,” kata Helman lagi.

Biasanya saat ramai nikah itu pada bulan Haji dan Sya’ban karena istilahnya orang Pontianak ini tidak mau menikah di bulan yang berada di antara Idul Fitri dan Idul Adha dan akan kembali banyak yang menikah setelah Idul Adha.

Sementara itu, seorang calon pengantin, Arya, yang ditemui saat sedang mendaftarkan tanggal pernikahannya di KUA, menyatakan sengaja memilih tanggal pernikahan pada hari ini, Selasa (22/2).

“Benar saya melangsungkan akad nikah di KUA Pontianak Kota dengan menjalankan protokol kesehatan dan alasan memilih akad hari ini selain tanggalnya yang cantik juga bertepatan dengan 20 Rajab dengan harapan pernikahan penuh berkah,” kata Arya menjelaskan.

Selain pasangan Arya yang menikah hari ini, sembilan pasang calon pengantin yang lain, kepada KUA tempat mereka mendaftarkan untuk menikah, juga menyatakan mengharapkan pernikahan yang berkah, selain karena mereka mempunyai alasan tersendiri untuk memilih hari ini untuk melangsungkan akad nikah.
   

Baca juga: Pelajar belasan tahun menikah, viral di facebook