RSU Singkawang sediakan program kehamilan buatan metode

RSU Singkawang sediakan program kehamilan buatan metode “Intrauterine Insemination”



Pontianak (ANTARA) – Rumah Sakit Umum Harapan Bersama Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat kini menyediakan program kehamilan buatan dengan metode “Intrauterine Insemination (IUI)” atau dengan mendekatkan sperma yang sudah melalui proses washing sperm dengan sel telur secara natural di dalam rahim.

“Kini RSU Harapan Bersama Singkawang, sudah menyediakan program kehamilan buatan dengan metode IUI,” kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSU Harapan Bersama Singkawang, dr Veridiana, Sp.OG dalam keterangan tertulisnya di Singkawang, Senin.

Dia menjelaskan perbedaan program inseminasi dan bayi tabung adalah, pada program inseminasi pembuahan terjadi di dalam tubuh seorang perempuan.

“Tujuannya program inseminasi, yakni meningkatkan jumlah sperma yang berhasil sampai di tuba falopi. Dengan begitu, metode ini diharapkan mampu meningkatkan kesempatan sel telur untuk dibuahi sperma,” ungkapnya.

Dia menambahkan, salah satu fasilitas kesehatan yang menyediakan program hamil ini di Kalbar adalah Klinik Fertilitas Indonesia RSU Harapan Bersama Singkawang yang sudah diresmikan tanggal 28 November 2021.

Selain program hamil inseminasi di Klinik Fertilitas Indonesia, RSU Harapan Bersama Singkawang juga menyediakan layanan sperma analisa.
Selain program inseminasi salah satu alternatif untuk mendapatkan buah hati adalah dengan melakukan program IVF atau bayi tabung.

Pada program bayi tabung, pembuahan terjadi di luar tubuh seorang perempuan ataupun di cawan laboratorium. Setelah hasil pembuahan menjadi embrio, baru dimasukkan ke dalam rahim, katanya.

Veridiana juga menambahkan kiat sukses program hamil untuk para pejuang buah hati adalah harus mengerti tahap-tahapan dan prosesnya sehingga bisa bersabar dan tentu saja yang paling penting adalah berdoa. “Karena apapun usaha kita, keputusan tetap pada Yang Maha Kuasa,” ujarnya.

Klinik Fertilitas Indonesia sampai saat ini sudah memiliki lebih dari 100 cabang di seluruh Indonesia, layanan yang ada di Klinik Fertilitas Indonesia meliputi konsultasi program kehamilan, analisa sperma dan inseminasi atau IUI.

“Seluruh cabang Klinik Fertilitas Indonesia termasuk RS Harapan Bersama didukung penuh oleh Klinik Fertilitas Indonesia dalam hal pelatihan tenaga kesehatan dan juga pemasaran. Tujuan kami mendirikan Klinik Fertilitas Indonesia untuk membantu pasangan suami istri yang kesulitan mendapatkan buah hati,” kata Regional Business Operation Klinik Fertilitas Indonesia, Sigit.