Pemprov Kalbar kelola lahan parkir di kawasan GOR Gelora Khatulistiwa

Pemprov Kalbar kelola lahan parkir di kawasan GOR Gelora Khatulistiwa



Pontianak (ANTARA) – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson mengatakan, pemerintah Kalimantan Barat akan mengelola lahan parkir di kawasan Gelanggang Olahraga (GOR) Gelora Khatulistiwa melalui Perusahaan Daerah Kalimantan Barat (Perusda Kalbar).

“Penataan kawasan Gelora Khatulistiwa sudah dimulai, diantaranya akan membangun pagar. Kemudian, tahun ini akan membangun pintu gerbang serta pengelolaan parkir yang akan diserahkan kepada Perusahaan Daerah (Perusda),” kata Harisson di Pontianak, Rabu.

Dia menjelaskan, pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memberikan dukungan untuk penguatan dan pemberdayaan Perusda agar dapat berkembang dan terlibat dalam pembangunan perekonomian di Kalimantan Barat melalui kerja sama dalam pemanfaatan Barang Milik Daerah.

“Kita ingin Perusda maju, salah satunya dengan usaha perparkiran,” tuturnya.

Sistem Pengelolaan Perparkiran (safety parking) sangat diperlukan di kawasan Gelora Khatulistiwa dengan mempertimbangkan Kawasan Gelora Khatulistiwa memiliki potensi penerimaan bagi peningkatan PAD sekaligus menjaga aset-aset pemerintah yang berada di lingkungan Gelora Khatulistiwa.

“Ini juga dilakukan untuk mengamankan dari pengguna liar dan bangunan liar yang berada di lingkungan tersebut,” katanya.

Harisson menjelaskan, pihaknya menginginkan agar perparkiran di GOR terkelola dengan baik dengan harapan parkir di Kawasan Gelora Khatulistiwa bisa rapi dan terkelola dengan baik keamanannya.

“Selain itu, pemerintah daerah juga bisa mendapatkan retribusi dari perparkiran itu,” katanya.

Dia menambahkan, kawasan Gelora Khatulistiwa memiliki area yang cukup luas sebagai tempat rekreasi dan olahraga serta didukung berbagai sarana dari berbagai cabang olahraga sehingga memiliki potensi penerimaan dari parkir kendaraan yang berkunjung ke lokasi tersebut.

“Sehingga nantinya kita akan benar-benar memanfaatkan GOR untuk meningkatkan prestasi atlet,” katanya.