DISKOMINFO

Bupati Sanggau: Ritual Adat Cap Go Meh Ini Menunjukkan Ciri Khas Kebudayaan Tionghoa


//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Perayaan Cap Go Meh yang biasanya digelar meriah di Kota Sanggau berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pemerintah Kabupaten Sanggau memutuskan meniadakan acara perayaan Cap Go Meh Tahun 2022 demi mencegah peningkatan risiko penularan Covid-19.

Pada hari ini hanya dilaksanakan Ritual adat Cap Go Meh saja, yang dihadiri oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si dan didampingi oleh Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si. Hadir juga dalam kesempatan tersebut Forkopimda, perwakilan dari paguyuban yang ada di Kabupaten Sanggau. Kegiatan berlangsung di Komplek Kelenteng Tri Daharma atau Pekong Sanggau. Selasa (15/2/2022).

Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengatakan bahwa hari ini sejarah kembali yakni agenda Pemerintah Kabupaten Sanggau, tentunya bersama masyarakat Tionghoa merayakan ritual adat Cap Go Meh tahun 2022.

“Cap Go Meh ini sudah menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk dirayakan. Dua tahun terakhir ini, kita hanya fokus melaksanakan ritual untuk terus mendoakan hal-hal yang berkaitan dengan masalah, penyakit dan segala macam yang ada terjadi pada hari ini, artinya untuk membersihkan Kota Sanggau dari hal tersebut. Dan Puji Tuhan berjalan dengan lancar ritual adatnya, walaupun kita dalam kondisi Covid-19 ini, sehingga kita tetap selalu patuh dengan protokol Kesehatan,” kata Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi juga sampaikan dirinya bersama Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, serta Forkopimda, paguyuban-paguyuban yang ada dan tokoh-tokoh Tiong Hoa hadir dalam acara tahun 2022.

“Tentu kita merasa bersyukur bahwa acara Ritual Adat Cap Go Meh hari ini berjalan dengan sukses dan tentunya harapan kami sebagai pemerintah daerah, agar kedepannya semakin lebih baik lagi. Dengan adanya acara ini dimana kita bisa menunjukkan ciri khas kebudayaan Tionghoa. Tapi hari ini kita belum bisa melaksanakannya secara total”, ujar PH sapaan akrab Bupati Sanggau.

Bupati, Paolus Hadi berpesan kepada masyarakat Tionghoa secara khususnya, tetap semangat, jadilah pelangi sebagaimana tema dalam ritual ini.

“Yang tentunya memancarkan warna-warni bagi masyarakat Sanggau, pertahankan budayamu, lestarikan budayamu untuk Indonesia dan secara khusus Kabupaten Sanggau,” pesan Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Pada kesempatan yang sama Ketua MABT Kabupaten Sanggau, Aldy Hermawan, mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan Cap Go Meh ini merupakan rangkaian penutupan Tahun Baru Imlek sampai Cap Go Meh dan hari ini penutupannya.

“Jadi hari merupakan penutupan Hari Raya Imlek bagi masyarakat Tionghoa, dan kembali beraktifitas seperti biasa. Tahun ini seperti yang kita lihat, bahwa perayaan Cap Go Meh ini, kita lakukan secara ritual saja, yang penting nilai dan bermakna bagi masyarakat”, Kata Ketua MABT Kabupaten Sanggau, Aldy Hermawan.

Aldy juga berharap dengan melakukan ritual Cap Go Meh ini, semoga pandemi Covid-19 cepat selesai.

“Apalagi kita mendengar bahwa Covid-19 Varian Omicron sudah mulai masuk, sehingga kami masyarakat Tionghoa melakukan ritual seperti bakar mercon, Barongsai dan itu tujuannya untuk mengusir sesuatu yang bersifat negatif atau yang jahat dari Kabupaten Sanggau ini,” jelasnya.

Penulis         : Alfian