Kadis Kominfo


SANGGAU – Rencana Pemerintah pusat melalui Kementerian Kominfo yang akan melakukan migrasi ke siaran TV digital ke seluruh wilayah Indonesia tahun 2022 mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Kominfo Sanggau, H. Joni Irwanto.
“Sampai saat ini kita belum dapat surat secara resmi, cuma informasi yang kita terima bahwa ini akan berlaku untuk seluruh Indonesia untuk penggunakan TV digital yang diperkirakan terakhir bulan Agustus 2022 sudah selesai semua,” kata Kepala Dinas Kominfo Kab. Sanggau pada Senin (3/1/2021).

Joni menyebut, Pemerintah memang berencana melakukan migrasi siaran TV dari siaran analog ke TV digital melalui Set Top Box (STB).
“Bagi masyarakat yang tidak bisa membeli perangkat STB tidak perlu khawatir, informasi yang kami peroleh akan dibagikan secara gratis, akan tetapi hanya diberikan kepada warga kurang mampu berdasarkan DTKS,” ungkapnya.

Disinggung bagaimana mekanisme pembagiannya, Joni mengaku belum mendapatkan petunjuk dari Kementerian.
“Sejauh ini baru TVRI yang melakukan sosialisasi, karena memang yang mempunyai jaringan conecting TV sampai ke daerah baru TVRI. Teknis selanjutnya kita masih menunggu petunjuk teknis tahun 2022,” pungkasnya.