Bunda Literasi, Ny. Arita Apolina: Kenalkan Kepada Anak Sejak Dini Keberadaan Literasi Di Kabupaten Sanggau Melalui Gebyar Membaca


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bunda Literasi Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina, S.Pd, M.Si menjadi role model serta mensosialisasikan dan minat baca ketika mendapat  kunjungan dari Dewan guru dan murid SD Paroki Katedral Sanggau ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau, Senin (14/2/2022).

Kunjungan tersebut akan diprogramkan dengan konsep library tour atau berwisata sambil mengenal Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau.

Bunda Literasi Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina menyampaikan bahwa kegiatan hari ini berkaitan dengan Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau dimana perpustakaan yang sudah diberikan amanah oleh pemerintah pusat melalui Perpusnas.

“Oleh karena itu, kita siap mendukung upaya-upaya pemerintah bagaimana menggalakan minat baca dari masyarakat, terutama dari anak-anak,” ujar Bunda Literasi Kabupaten Sanggau, Ny. Arita Apolina.

Hal tersebut, lanjut Ny. Arita Apolina merupakan salah satu upaya kita dalam masa pandemi Covid-19 ini, belajar dan terus belajar serta berkarya.

“Kita mengharapkan sejak dini anak-anak kita ini harus mempunyai cita-cita bagaimana untuk berliterasi yang baik, bisa dipandu secara manual maupun melalui media sosial. Oleh karena itu, kita berupaya dari yang sifatnya tradisional menuju hal-hal yang modern, terutama tadi kita ingin mengenalkan kepada anak sejak dini bagaimana keberadaan literasi di Kabupaten Sanggau melalui gebyar membaca,” jelas Ny. Arita Apolina.

Lanjut dikatakan Bunda Literasi bahwa karya itu selalu ada sepanjang masa, perpustakaan adalah tempatnya, tempat kita mengenal semua hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan apa pun itu bentuknya dan upaya-upaya untuk mendokumentasikan pengetahuan sesuai dengan zamannya.

“Oleh karena itu, saya mengajak anak-anak sejak dini supaya lebih kenal, lebih tahu, lebih dekat tentang fungsi perpustakaan itu sendiri di zaman sekarang. Dulu kita berpikir mungkin perpustakaan itu hanya tempat tumpukan buku-buku saja, tapi sekarang tidak, lebih luas untuk anak-anak zaman sekarang dan akan banyak hal-hal yang menarik yang bisa menambah ilmu pengetahuan mereka (anak-anak),” tuturnya.

Penulis         : Alfian