Sebanyak 92 rumah warga Kapuas Hulu terendam banjir

Sebanyak 92 rumah warga Kapuas Hulu terendam banjir



Kapuas Hulu (ANTARA) – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu Gunawan mengatakan sebanyak 92 rumah warga Desa Landau Kumpang Kecamatan Hulu Gurung saat ini sudah terendam banjir.

“Laporan yang kami terima ada tiga kecamatan yang dilanda banjir, bahkan 92 rumah warga Landau Kumpang sudah tergenang air,” kata Gunawan, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Jumat.

Disampaikan Gunawan, akibat banjir tersebut sekitar 294 jiwa warga di Desa Landau Kumpang terdampak banjir.

Menurut dia, banjir yang terjadi karena curah hujan yang cukup tinggi merendam sejumlah desa di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Silat Hilir, Silat Hulu dan Kecamatan Hulu Gurung.

Gunawan menyebutkan di Kecamatan Silat Hilir banjir merendam Desa Rumbih dan Desa Semeluang, di Kecamatan Silat Hulu banjir merendam Desa Nanga Luan, Landau Rantau, Entebi, Dangkan Kota, Nanga Ngeri, Nanga Lungu dan Desa Landau Badai, sedangkan di Kecamatan Hulu Gurung banjir merendam Desa Landau Kumpang, Sejahtera Mandiri dan Desa Nanga Tepuai. 

“Banjir terjadi sejak Jumat (11/2) pagi tadi, mengakibatkan ruas jalan nasional sempat terputus,” kata Gunawan.

Dikatakan Gunawan, masyarakat terdampak banjir terutama di Desa Landau Kumpang Kecamatan Hulu Gurung memerlukan tempat pengungsian, pangan dan sandang serta air bersih dan obat-obatan serta tenaga kesehatan.

“Sampai saat ini curah hujan cukup tinggi yang berpotensi banjir meluas dan banjir susulan di sejumlah wilayah Kapuas Hulu,” jelasnya.

Oleh karena itu, Gunawan mengimbau masyarakat Kapuas Hulu untuk mewaspadai bencana banjir, kepada camat dan kepala desa diminta untuk selalu melaporkan perkembangan bencana yang terjadi.***2***