Categories: Kalimantan Today

Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kembayan, Jembatan Dusun Semayang Putus – Kalimantan Today


Foto–Jembatan di Dusun Semayang, Desa Semayang, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau putus akibat banjir yang menerjang wilayah tersebut sejak, Kamis (10/2/2022) dini hari tadi—ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Hujan deras kembali mengakibatkan banjir di tiga dusun di Kecamatan Kembayan, Kamis (04/02/2022) dini hari. Tiga dusun yang terkena banjir yaitu Semayang, Batu Tujuh dan Tanjung Gambir.

“Banjir terjadi sekitar pukul 04.00. Rumah yang terkena banjir di tiga dusun sekitar 250 unit. Dari jumlah ini, 122 rumah di antaranya berada di Dusun Semayang. Ketinggian banjir kalau di tengah kampung mencapai 1,5 meter,” kata Kepala Kewilayahan (Kawil) Dusun Semayang Ewaldus, Kamis (10/2/2022).

Selain merendam ratusan rumah warga, banjir tersebut juga mengakibatkan jembatan di Dusun Semayang putus terbawa arus air. Jembatan kayu dengan panjang 43 meter dan lebar 2 meter tersebut menjadi akses penting bagi warga setempat.

“Jembatan ini putus sekitar jam 09.00 tadi. Jembatan ini menghubungkan dua dusun, antara Dusun Semayang dan Dusun Tanjung Gambir. Dan dari situ juga menuju Desa Tanjung Bunga dan desa persiapan yaitu Desa Tanak,” ujar Ewaldus.

Ia berharap, Pemda Sanggau melalui dinas terkait segera menangani jembatan tersebut dan memberikan perhatian kepada warga korban banjir.

“Semoga jembatan yang menjadi ikon Semayang ini cepat ditangani. Soalnya jembatan ini semua warga Semayang aktivitas ke situ. Akses warga terputus, anak kesulitan menuju ke sekolah,” pungkas Ewaldus.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sanggau, Siron ketika dihubungi Kalimantantoday.com mengatakan banjir di Dusun Semayang masih bertahan.

“Baru dapat info dari Camat di Tajung Bunga sudah mulai surut, (Dusun) Semayang (banjir) bertahan,” ujarnya via WhatsApp, Kamis (10/02/2022). (Ram)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Kalimantan Today

Ruas Jalan Kategori Mantap di Kabupaten Sanggau Bakal Naik Jadi 42 Persen – Kalimantan Today

Foto—Plt. Kepala PUPR Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Enam dari tujuh proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau tahun 2024 berupa peningkatan ruas jalan. Nilainya pun mencapai puluhan miliar. Jika proyek tersebut selesai nantinya, maka…

6 jam lalu
  • Kalimantan Today

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024 – Kalimantan Today

Foto–Kasi Intelijen Kejari Sanggau, Adi Rahmanto   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan pengerjaan yang merupakan proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau. Demikian ditegaskan Kepala Seksi Intelijen (Kastel)…

14 jam lalu
  • Kalimantan Today

Tujuh Proyek Strategis Daerah Kabupaten Sanggau 2024, Ini Rinciannya – Kalimantan Today

Foto—Aris Sudarsono, Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono menyebut ada tujuh proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau tahun 2024. “Untuk progresnya sampai…

17 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Yehu Wangsajaya. Akun tersebut terlihat menggunakan nama dan foto pro?l Brigjen Pol Yehu Wangsajaya. Faktanya, akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan…

19 jam lalu