Pemkab Kubu Raya dorong pengembangan infrastruktur pertanian di Terentang



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat mendorong pembangunan infrastruktur pertanian holtikultura di Kecamatan Terentang melalui pembahasan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Terentang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2023.

“Sektor pertanian ini akan kita integrasikan dengan sektor peternakan dan perikanan, karena di kecamatan Terentang ini merupakan wilayah yang sangat potensial untuk dikembangkan tiga sektor tadi,” kata Kepala Bappeda Litbang Kubu Raya Amini Maros di Sungai Raya, Rabu.

Maros menjelaskan, keberhasilan para petani dalam mengembangkan dan menciptakan saung Inovasi Pertanian (Inovtan) Empening Mandiri di Kecamatan Terentang ini, tentu kedepannya Kubu Raya akan kembangkan pertanian terpadu. Yang mana ada petani di kecamatan ini yang memiliki inovasi yang luar biasa dalam mengembangkan inovtan.

Menurutnya, besarnya potensi pertanian di kecamatan Terentang ini, tentu pihaknya akan terus mengembangkannya seperti jahe, alpukat dan tanaman holtikultura lainnya yang sangat cocok di tanam di kecamatan ini.

“Jadi kita akan ‘kepong bakol untuk sektor pertanian di Kecamatan Terentang ini,” tuturnya.

Maros menyampaikan, dijadikannya sistem data informasi berbasis geospasial sebagai dasar usulan pembangunan di setiap Musrenbang Kecamatan di Kubu Raya ini maka sasaran setiap pembangunan itu akan semakin jelas, sehingga tidak akan terjadi lagi tumpang tindih.

Setelah Musrenbang ini, pihaknya juga akan mengadakan Musrenbang khusus untuk mitra pembangunan yang melibatkan pihak perusahaan dan NGO. Yang nanti usulan yang kita ambil dari desa yang sudah ada titik koordinatnya itu, tinggal perusahaan atau NGO itu sendiri mau masuk di desa mana.

“Sehingga dengan sistem data berbasis geospasial ini tentunya sudah sangat jelas sasarannya,” kata dia.