Hari Pers Nasional, wartawan perbatasan Kalbar siap gelar aksi sosial

Hari Pers Nasional, wartawan perbatasan Kalbar siap gelar aksi sosial



Kapuas Hulu (ANTARA) – Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 yang jatuh pada 9 Februari 2020, sejumlah wartawan media cetak, online dan elektronik di kabupaten perbatasan RI-Malaysia wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat akan menggelar aksi sosial salah satunya penimbunan jalan berlubang di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu.

“Kami akan menimbun jalan berlubang di Kota Putussibau, sebagai wujud kepedulian kondisi sosial di tengah-tengah masyarakat dan ada beberapa kegiatan sosial lainnya yang akan kami laksanakan untuk memperingati Hari Pers Nasional,” kata Ketua Panitia Peringatan Hari Pers Nasional Kabupaten Kapuas Hulu, Teofilusianto Timotius, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Timotius, peringatan Hari Pers Nasional sebagai momentum untuk menjadikan insan pers lebih profesional lagi dalam menjalankan tugas mulia sebagai profesi yang merupakan pilar ke empat demokrasi.

Menurut dia, dalam menjalankan tugas jurnalistik pers tidak semata-mata menyajikan suatu produk berita ke publik, namun harus mampu memberikan edukasi baik melalui produk jurnalistik mau pun dalam kehidupan sehari-hari, dengan tetap memegang teguh kode etik jurnalistik sesuai Undang-Undang nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

Timotius mengatakan pers juga sebagai fungsi kontrol sosial di semua lini, terutama dalam berbagai kebijakan pembangunan, baik itu di bidang politik, sosial, ekonomi, hukum mau pun program pembangunan pemerintah.

Dijelaskan Timotius, pers memiliki peranan strategis dalam mempengaruhi suatu kebijakan, akan tetapi berita yang disajikan tentunya bersifat kritikan membangun, tidak mengandung unsur provokatif dan tidak memvonis.

“Yang terpenting lagi pers harus mampu menjawab tantangan di tengah perkembangan teknologi, memerangi berita hoax,” kata Timotius yang merupakan wartawan Kantor Berita Indonesia Perum LKBN ANTARA di Kapuas Hulu.

Timotius juga menyampaikan bahwa peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2022 secara nasional dipusatkan di Kediri Sulawesi Tenggara, rencananya akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Februari 2022.

“Untuk di Kapuas Hulu kami peringati secara sederhana dengan segala keterbatasan kami yang bertugas di kabupaten perbatasan RI-Malaysia,” kata Timotius.

Tidak hanya itu, di tengah pandemi COVID-19, pers hadir untuk selalu memberikan edukasi kepada masyarakat, terkait kebijakan pemerintah dalam mengatasi sebaran COVID-19 hingga ke pelosok daerah.

Hal senada dikatakan, Wartawan Tribun Pontianak Biro Kapuas Hulu Sahirul Hakim mengatakan peringatan Hari Pers Nasional sebagai momentum untuk insan pers lebih bekerja secara profesional berpegang teguh terhadap Undang-Undang nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers.

“Kami menjalankan profesi ini dilindungi oleh undang-undang khusus yaitu undang-undang pers, jadi kami berharap semua pihak memahami tugas dan fungsi kami sebagai seorang jurnalis atau wartawan,” kata Sahirul Hakim.

Ia juga mengimbau kepada semua pihak untuk selalu waspada terhadap pihak-pihak tertentu yang mengatasnamakan wartawan untuk kepentingan tertentu.

“Banyak sekali kami menerima keluhan masyarakat mau pun sejumlah instansi, di tengah perkembangan teknologi dengan mudahnya seseorang mengaku-ngaku sebagai wartawan dengan berbekalkan website atau pun blog pribadi, yang tidak sesuai dengan undang-undang,” tuturnya.***3***