BPBD Kubu Raya deteksi lokasi karhutla

BPBD Kubu Raya deteksi lokasi karhutla



Pontianak (ANTARA) – Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, M Yasir mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan, mengingat beberapa waktu lalu ditemukan beberapa titik api di kabupaten tersebut.

“Beberapa waktu lalu kita menemukan sejumlah titik api dan sementara ini sudah dapat dipadamkan, namun untuk luas lahan yang terbakar masih belum kita ketahui secara pasti,” kata Yasir di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan titik lokasi kebakaran lahan sudah dideteksi yakni Punggur Besar, Parit Delima, Parit To’om Jalan Swadaya di Kecamatan Sungai Kakap; Desa Mekar Sari, Sekunder C di Kecamatan Rasau Jaya; Parit Derabak, Parit Haji Muksin, Jalan Ujung Sungai Raya Dalam, Parit Tanggok di Kecamatan Sungai Raya dan Desa Sungai Bulan.

Sejumlah kendala pun ditemukan oleh para petugas, selain kondisi air yang minim wilayah yang cukup jauh pun menjadi kendala petugas.

“Ada lokasi yang paritnya dangkal jadi kondisi air tidak memungkinkan untuk memadamkan lahan,” tuturnya.

Selain itu ada lokasi kebakaran yang jalan menuju lokasi sangat jauh jadi tidak bisa masuk mobil dan kondisi jalan rusak jadi membuat pihaknya membutuhkan waktu lama ke lokasi kebakaran.

Yasir mengatakan meski sejumlah wilayah sudah ditemukan titik api sejauh ini belum di temukan kebakaran lahan yang mendekati rumah warga.

“Namun, kami tetap mengingatkan agar warga selalu bersiaga bersama pihak terkait sehingga kebakaran lahan tidak menjalar ke pemukiman warga serta fasilitas umum lainnya,” katanya.*