Kubu Raya bersiap menuju satu data dan satu peta

Pemkab Kubu Raya berikan ruang bangi anak melalui Musrenbang anak



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan ruang bagi anak untuk membentuk forum anak di setiap daerah dan memberikan ruang kesempatan bagi mereka dalam mengisi program pembangunan di kabupaten itu, melalui Musrenbang anak.

“Kita ingin, perumusan pembangunan di Kubu Raya bisa memenuhi kebutuhan semua hak, tak terkecuali anak-anak kita yang nantinya akan menjadi generasi penerus daerah dan bangsa ini. Untuk itu, kita akan memberikan ruang bagi mereka melalui Musrenbang anak yang dimulai dari tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten,” kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis.

Dia menjelaskan, melalui musrenbang anak, hak-hak mereka akan di suarakan. Sehingga dalam program pembangunan di daerah, suara mereka juga bisa di dengar.

“Contoh, saat ini masih banyak anak-anak kita yang menjadi korban bully baik oleh temannya, maupun orang di sekitarnya. Padahal bully ini bisa menimbulkan efek trauma dan membekas pada anak yang tentu berpengaruh pada tumbuh kembang mereka, bahkan sampai ada yang nekat bunuh diri gara-gara di bully,” tuturnya.

Belum lagi anak-anak kerap menjadi korban kekerasan bahkan ada yang menjadi korban trafficking.

Kemudian, kata Muda, dengan semakin berkembangnya kemajuan teknologi digital, anak-anak juga perlu mendapatkan pendampingan yang baik agar tidak mudah terpapar hal negatif dari penggunaan media digital yang marak digunakan masyarakat saat ini.

“Untuk itu anak-anak kita harus semakin cerdas dan harus tahu di mana bahayanya di mana kerentanannya dari digitalisasi ini, agar mereka mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi dan pemanfaatan digitalisasi untuk hal positif yang mendorong kemandirian dan kemajuan mereka,” kata Muda.

Terkait hal tersebut, dirinya mendorong kepada pemerintah desa, kecamatan dan semua lembaga untuk bergerak bersama memberikan ruang bagi anak-anak agar hak mereka tidak terabaikan.