Pemkab Kapuas Hulu rencanakan Lembah Bukit Semugang pusat Festival Danau Sentarum

Pemkab Kapuas Hulu rencanakan Lembah Bukit Semugang pusat Festival Danau Sentarum



Kapuas Hulu (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat merencanakan objek wisata Lembah Bukit Semugang Kecamatan Badau, kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia, sebagai pusat Festival Danau Sentarum tahun ini.

“Wisata Lembah Bukit Semugang sangat strategis untuk kegiatan Festival Danau Sentarum, namun beberapa perlombaan akan dipusatkan di Lanjak, seperti lomba sampan dan lomba seni budaya,” kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kapuas Hulu Ismunadi di Putussibau, Kamis.

Selain beberapa perlombaan di Danau Sentarum, katanya, diselenggarakan lomba memancing di Pulau Majang dan “motor cross” di kawasan Lembah Bukit Semuggang.

Dia mengatakan saat Festival Danau Sentarum rencananya diundang juga beberapa negara tetangga, seperti Malaysia. 

“Dalam waktu dekat kami akan presentasikan rencana kegiatan Festival Danau Sentarum ke pihak Kementerian Pariwisata,” ucap Ismunadi.

Dia menjelaskan pelaksanaan Festival Danau Sentarum masih dengan konsep promosi pariwisata, sehingga tidak ada yang berbeda dengan kegiatan serupa pada tahun-tahun sebelumnya.

“Hanya saja kali ini Festival Danau Sentarum dipusatkan Badau,” katanya.

Ia menuturkan Festival Danau Sentarum merupakan agenda tahunan, namun karena pandemi COVID-19 pada 2020 dan 2021, kegiatan itu tidak dilaksanakan.

“Tahun ini kita laksanakan, tetapi tetap menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.