Kota Pontianak gelar kejuaraan pencak silat

Kota Pontianak gelar kejuaraan pencak silat



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, menggelar kejuaraan pencak silat memperebutkan Piala Wakil Wali Kota Pontianak untuk menjaring bibit-bibit pesilat tangguh masa depan pada 3-7 Februari 2022.

“Sebanyak 438 pesilat dari 16 perguruan pencak silat siap berlaga pada kejuaraan pencak silat Bahasan Cup 2022, yang digelar di GOR PBSI Kota Pontianak Jalan Tabrani Ahmad mulai 3 hingga 7 Februari 2022,” kata Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan, Kamis.

Dia menjelaskan, kejuaraan Pencak Silat ini selain sebagai ajang silaturahmi dunia persilatan, juga untuk mengobati kerinduan para pesilat yang sangat menantikan digelarnya pertandingan.

“Kita harapkan dari kejuaraan ini muncul bibit-bibit pesilat handal yang mampu bersaing di tingkat nasional hingga internasional,” ujarnya usai membuka kejuaraan yang diikuti oleh pesilat-pesilat dari berbagai perguruan di Kota Pontianak.

Ia menilai pesilat-pesilat asal Kota Pontianak tidak sedikit yang memiliki potensi dalam mengukir prestasi di cabang olahraga ini. Apalagi potensi atlet muda yang masih perlu digali kemampuannya dalam dunia Pencak Silat.

“Mereka harus terus didorong dan dimotivasi agar mampu bersaing dengan pesilat-pesilat lainnya,” katanya.

Bahasan menambahkan Pencak Silat merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Sebab Pencak Silat erat kaitannya dengan aspek seni dan budaya, aspek mental spiritual, bela diri dan olahraga.

“Oleh sebab itu, kejuaraan ini juga sebagai bentuk dari pelestarian seni beladiri dan aspek-aspek tersebut di atas,” katanya.