Categories: Kalimantan Today

Dijanjikan Beasiswa, Siswa SMK Negeri 01 Sanggau Jadi Korban Penipuan – Kalimantan Today


Foto—SMK Negeri 01 Sanggau.

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Sejumlah pelajar di SMK Negeri 01 Sanggau diduga menjadi korban penipuan beasiswa dari oknum nakal yang mengatasnamakan pihak sekolah.

“Informasinya seperti itu. Penipu mengaku Kepala Sekolah dan kadang mengaku guru,” kata Amin Kusasi, Kepala Sekolah SMK Negeri 01 Sanggau dikonfirmasi wartawan, Kamis (3/2).

Amin Kusasi menyebut, pelajar yang menjadi korban sempat menyerahkan uang pulsa bervariasi sesuai permintaan pelaku.

“Kabarnya ada yang menyerahkan Rp 200 ribu sampai Rp 600 ribu. Totalnya kemungkinan jutaan Rupiah,” ujar Amin Kusasi.

Prosedur pemberian beasiswa, jelas Amin, tidak pernah melalui telepon. Calon penerima beasiswa didaftarkan pihak sekolah melalui Dapodik yang langsung terkoneksi ke pusat.

“Kalau sudah ada info dari pusat, sekolah menginfokan kembali ke siswa untuk datang ke sekolah untuk menerima SK penerima beasiswa yang selanjutnya mencairkannya ke Bank. Dan beasiswa langsung masuk rekening siswa,” jelasnya.

Agar tidak terjadi hal serupa, pihak Sekolah, lanjut Amin Kusasi, langsung menginformasikan ke siswa untuk tidak mudah percaya dengan oknum yang mengatasnamakan sekolah.

“Sudah kami sampaikan di group WhatsApp kelas masing-masing dan kami infokan juga melalui guru kelas saat mengajar untuk tidak menanggapi telepon dari luar. Dan pihak sekolah tidak pernah meminta apapun dari penerima beasiswa,” tegasnya. (Ram)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

1 hari lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

1 hari lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu