Kawasan Booster Pramuka PDAM kini miliki taman

Kawasan Booster Pramuka PDAM kini miliki taman



Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat melakukan penataan kawasan Booster Pramuka milik PDAM di Jalan Letkol Sugiyono Kecamatan Pontianak Selatan dengan dilengkapi taman penuh pohon buah-buahan dan air mancur.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Rabu, mengatakan, penanaman pohon untuk penghijauan di lokasi tersebut untuk menghilangkan kesan kumuh dan menjadikan area itu sedap dipandang mata. Rencananya taman di Booster Pramuka ini akan dijadikan taman labirin dengan tanaman buah-buahan di sekelilingnya.

“Hari ini kita menanam 15 pohon durian dan harapkan selain daunnya yang rimbun, buahnya juga berkualitas dengan berbagai jenis durian seperti musang king, duri hitam dan serumbun,” ujarnya usai menanam pohon durian di lahan Booster Pramuka.

Ada pula beberapa jenis pohon, seperti lengkeng, cempedak dan manggis. Pohon buah-buahan itu akan dilakukan penataan sedemikian rupa sehingga menjadi taman buah-buahan. Meskipun pekarangan terbatas, keberadaan taman ini diharapkan memberikan manfaat dan edukasi bagi masyarakat agar gemar menanam pohon.

“Penanaman pohon sangat penting karena kita memerlukan oksigen dan pohon itu sebagai penghasilnya,” katanya.

Ia meminta lahan seluruh kawasan Booster Pramuka tidak dibiarkan kosong, tetapi ditata dan dihijaukan. Apabila sudah ditata, nantinya akan menjadi ruang publik yang terbuka untuk umum.

“Jadi kalau nanti buah-buahan di sini sudah matang, masyarakat dipersilakan makan juga,” kata Edi.

Direktur Perumda Air Minum Tirta Khatulistiwa Ardiansyah menyatakan pihaknya akan mulai menata kawasan yang ada dengan penghijauan sehingga menambah hutan kota.

“Untuk penataan ‘booster’ ini konsepnya akan kami sesuaikan agar lebih dekat dengan masyarakat seperti ‘booster’ di Taman Pramuka di mana lokasi sekitar ada stan UMKM sehingga masyarakat bisa rekreasi,” katanya.