Categories: Antaranews

Wali Kota Pontianak: Ornamen dan lampion semarakkan perayaan Imlek



Pontianak (ANTARA) – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan berbagai ornamen dan lampion menyemarakkan perayaan Imlek tahun ini di daerah tersebut.

“Meskipun perayaan Imlek tidak seperti sebelum pandemi COVID-19, namun dengan banyaknya hiasan dan ornamen-ornamen ini cukup membuat semarak perayaan Imlek di Kota Pontianak,” kata dia saat meninjau suasana malam perayaan Imlek di Pontianak, Kalimantan Barat, Senin malam.

Saat berkeliling Kota Pontianak, ia mampir sejenak ke Kelenteng Kwan Tie Bio di Jalan Diponegoro Pontianak. Berbagai hiasan ornamen dan lampion khas Imlek tampak menghiasi teras depan kelenteng tersebut.

Selain itu, sebanyak lima ekor replika harimau yang berada di sisi kiri dan kanan kelenteng dengan ukuran cukup besar semakin menambah semarak Imlek 2573 di Kota Pontianak.

Malam perayaan Imlek tahun ini di kota tersebut juga tanpa pesta kembang api.

Ia menjelaskan kebijakan tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi menyebabkan munculnya klaster baru penularan COVID-19.

Edi juga mengimbau warga keturunan Tionghoa di daerah itu merayakan Imlek secara lebih sederhana. Pasalnya, acara atau kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak memang tidak diperkenankan di tengah kondisi pandemi COVID-19.

“Bagi masyarakat yang merayakan Imlek tetap diperbolehkan beribadah di kelenteng dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak bersama personel TNI/Polri akan melakukan pengamanan di rumah-rumah ibadah pada Hari Raya Imlek agar pelaksanaan ibadah tetap berjalan aman dan kondusif. Perayaan di masa pandemi riskan terjadinya penambahan jumlah orang yang terkonfirmasi COVID-19.

“Karena itu kami berupaya mengantisipasi hal tersebut,” katanya.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

16 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

21 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

21 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu