Categories: Antaranews

Pemkab Sambas tiadakan kegiatan pawai saat Tahun Baru Imlek



Pontianak (ANTARA) – Bupati Sambas, Kalimantan Barat Satono mengimbau masyarakat pada saat perayaan Tahun Baru Imlek 2573 yang jatuh pada Selasa (1/2) 2022 dan Cap Go Meh tidak melakukan aksi pawai keliling dan bermain kembang api karena masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

“Kepada masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sambas. Saya mengimbau agar tidak merayakan Imlek dan Cap Go Meh tahun ini secara berlebihan seperti pawai keliling dan bermain kembang api seperti biasanya,” katanya saat dihubungi dari Pontianak, Minggu.

Bupati mengatakan bahwa imbauan tersebut dikeluarkan karena masih dalam situasi pandemi COVID-19 sehingga lebih baik masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sambas menyambut Imlek dan merayakan Cap Go Meh di rumah saja berkumpul bersama keluarga.

“Tanpa mengurangi rasa khidmat merayakan Imlek dan Cap Go Meh, lebih baik di rumah saja berkumpul dengan keluarga. Cukup melaksanakan ritual keagamaan saja, tidak ada festival dan acara-acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan,” katanya.

Ia mengatakan, sesuai edaran Gubernur Kalbar Nomor: 500/0326/KESRA/2022, tanggal 27 Januari kemarin, kegiatan-kegiatan festival budaya seperti pawai, arak-arakan patung dan naga ditiadakan.

“Kita sedang menghadapi potensi penularan COVID- 19 varian baru yakni Omicron. Apalagi sudah ada PMI yang terpapar beberapa waktu lalu. Untuk itu kita harus selalu waspada, mengurangi kegiatan-kegiatan yang berpotensi menyebabkan kontak fisik. Masyarakat untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan,” demikian Satono.
 




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

2 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

1 hari lalu