Categories: Diskominfo

Melalui Rapat Kerja Tahun 2022, Bunda Literasi Harap Mampu Mendorong Minat Baca Masyarakat


SANGGAU – Dilaksanakan Rapat Kerja Tahunan (RKT) Bunda Literasi Tahun 2022 yang bertempat di Aula Perpustakaan  Derah Kabupaten Sanggau pada kamis (27/1/22).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si yang diwakili oleh Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah H. Syuri, S.Sos., M.Si, Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Ny. Arita Apolina, S.Pd., M. Si, Pengurus dan Anggota Literasi Kabupaten Sanggau, Bunda Literasi Kecamatan se-Kabupaten Sanggau serta para undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Arpusda Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa tahun 2021 pengunjung perpustakaan melebihi target yakni sekitar 130% dari target 3000 (tiga ribu) pengunjung.

“Sebagai bahan evaluasi bahwa di tahun 2021 kita targetkan 3000 pengunjung dan ternyata kita melebihi target yakni ada sekitar 4600 lebih pengunjung atau sekitar 130% yang berkunjung di tahun 2021,” ujarnya.

Kemudian ia menambahkan bahwa tahun 2022 ini akan ditargetkan 5000 (Lima Ribu) orang pengunjung serta program-program inovasi yang akan dilakukan agar dapat mendorong minat baca masyarakat di Kabupaten Sanggau.

“Pelayanan yang kita berikan kepada anggota dapat meminjam buku, bagi pengunjung kita sediakan pelayanan library tour di perpustakaan dan tentunya dengan fasilitas lain yang akan disediakan sehingga para pengunjung dapat merasa lebih enak dalam membaca buku dan menambah pengetahuan mereka,” tutur Sukri saat diwawancara.

Lebih lanjut ia menyampaikan akan ada program terobosan di tahun 2022 ini seperti perpustakaan keliling untuk menjangkau daerah yang jauh.

“Untuk terobosan di tahun 2022 kita targetkan 5000 pengunjung yakni aka nada juga lomba bercerita, kemudian kita akan laksanakan program perpustakaan keliling untuk daerah yang sulit dijangkau dan kita pastinya juga akan bermitra dengan Bunda Literasi untuk meningkatkan minat baca masyrakat di Kabupaten Sanggau,” jelas Kepala Disarpus Kabupaten Sanggau.

Selanjutnya Bunda Literasi Kabupaten Sanggau mengatakan bahwa program ini dari pusat yang disinergikan juga pada tingkat provinsi oleh sebab itu pemerintah Daerah juga akan mengikuti dan mendukungnya.

“Hari ini kita melaksanakan rapat kerja dan sosialisasi untuk program kerja dari pemerintah pusat yang disinergikan dengan program kerja provinsi dan dari daerah akan menyesuaikan dan tentunya kita dukung bersama,” ujar Ny. Arita Apolina.

Bunda Literasi Kabupaten Sanggau juga menyampaikan bahwa dalam meningkatkan minat baca ini akan dilakukan secara berjenjang hingga ke Bunda Literasi di tingkat desa.

“Pertama kita akan meningkatkan minat baca masyarakat yang secara berjenjang mulai dari sosialisasi program kerja ini kepada Bunda Literasi Kecamatan dan sampai di tingkat Desa dan hjal ini harus kita dukung dengan fasilitas-fasilitas seperti perpustakaan Desa yang tersebar di 15 kecamatan atau melalui program lainnya seperti menyediakan taman bacaan sehingga diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyrakat yang kita dorong meningkat minat bacanya,” jelas Bunda Literasi.

Lebih lanjut ia menyampaikan inovasi lainnya seperti meningkatkan literasi digital dengan memanfaatkan media sosial sehingga dapat menjangkau kaum milenial sehingga dapat meningkatkan minat baca mereka.

“Selain itu upaya lain kita adalah memanfaatkan literasi digital melalui media sosial sehingga lebih mudah menjangkau kaum milenial agar meningkatkan minat baca kaum muda karena kebanyakan kaum milenial saat ini tentu memiliki smartphone dan lebih mudah menjangkaunya,” ujar Bunda Literasi Kabupaten Sanggau saat menutup wawancaranya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan Laporan Kegiatan Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Tahun 2021 oleh Ny. Arita Apolina dan disaksikan oleh Kepala Disarpus H. Sukri.

Selanjutnya pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan Buku Karya Tulis yang diberikan kepada Perpustakaan Daerah dari ibu Wiwid yang diterima secara simbolis oleh Kepala Disarpus Kabupaten Sanggau H. Sukri.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan Piagam Penghargaan yang pernah didapat oleh Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Ny. Arita Apolina kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau yang secara simbolis diterima oleh Kepala Disarpus Kabupaten Sanggau H. Sukri.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Tim Satresnarkoba Polres Kubu Raya Tangkap Kurir Lintas Kabupaten, 2 Orang dari Sanggau, Seorang dari Pontianak – Radar Kalbar

FOTO : ketiga tersangka yang ditangkap Tim Opsnal Satresnarkoba Polres Kubu Raya [ist]KUBU RAYA – radarkalbar.comTIM Satuan Reserse Narkoba Polres Kubu Raya berhasil menangkap kurir narkoba antar kabupaten pada Kamis (28/3/2024) sekitar pukul 04.00 WIB.Dua…

14 jam lalu
  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

19 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

19 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

1 hari lalu