Kapuas Hulu kembangkan tanaman karet alam berkelanjutan

Kapuas Hulu kembangkan tanaman karet alam berkelanjutan



Kapuas Hulu (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mendorong pengembangan program penanaman karet alam berkelanjutan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

“Kami komitmen mendukung perluasan program karet alam untuk mendorong ekonomi petani karet,” kata Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat saat peresmian perluasan program karet alam berkelanjutan di Putussibau, Rabu.

Dia mengatakan harga karet yang rendah diterima petani karet membuat kebun karet banyak ditinggalkan masyarakat.

Saat ini Pemkab Kapuas Hulu terus mendorong pengelolaan potensi karet alam melalui kerja sama dengan pihak GIZ yang mulai pada 2019.

Dia mengatakan target pengembangan karet alam berkelanjutan sebanyak 4.000 petani karet untuk bergabung, dilatih, dan didampingi.

“Produk karet mutu baik yang sesuai standar dapat dibeli langsung oleh perusahaan dengan harga yang cukup tinggi,” ucapnya.

Wahyudi menyebutkan ada sembilan kecamatan yang menjadi lokasi program pengembangan karet alam berkelanjutan, yaitu Hulu Gurung, Silat Hulu, Silat Hilir, Seberuang, Boyan Tanjung, Kalis, Batang Lupar, Embaloh Hulu, dan Embaloh Hilir.

“Kami berharap pengembangan karet alam itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kapuas Hulu,” kata dia.