Categories: Antaranews

TNI Perbatasan bantu petani bersihkan pengairan sawah



Pontianak (ANTARA) – Personel Pos Serangkang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti membantu petani membersihkan lahan dan pengairan sawah di perbatasan RI-Malaysia di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Kegiatan itu sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat serta mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan,” kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol (Inf) Hendro Wicaksono, di Sanggau, Selasa.

Dia mengatakan, untuk meningkatkan hasil pertanian, maka tanaman harus bebas dari hama termasuk rumput yang bisa merusak kualitas tanaman padi sehingga dapat mengurangi hasil produksi padi.

“Dari kegiatan ini terlihat semangat kebersamaan antara personel Satgas Pamtas dengan bapak Ahay mencabuti rumput-rumput yang tumbuh di sawah miliknya agar terhindar dari hama dan padi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan hasilnya juga meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Danpos Serangkang, Sertu Abdul Jalil mengatakan kegiatan tersebut mereka lakukan sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyatnya.

“Untuk menghasilkan padi yang berkualitas maka perawatannya juga harus diperhatikan mulai dari pemilihan bibit padi, kondisi lahan, pemupukan dan tidak kalah penting yaitu menjaga dari gangguan hama. Untuk hari ini kami bersama-sama warga membersihkan rumput liar yang tumbuh di sawah warga,” ujarnya.

Sementara itu, Ahay pemilik lahan sawah mengucapkan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns yang selalu peduli terhadap keadaan lingkungan di wilayah binaannya, dengan berupaya menghidupkan kembali budaya gotong-royong.

“Semoga dengan kedekatan TNI dengan masyarakat maka TNI akan selalu dicintai oleh rakyat,” katanya.

 




Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

IGTKI Kabupaten Sanggau Gelar Karnaval Hari Kartini

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Ikatan Guru Taman Kanak – Kanak Indonesia (IGTK)I Kabupaten Sanggau menggelar karnaval baju adat dan profesi. Kegiatan berlangsung di Halaman Kantor Bupati Sanggau, Kabupaten Sanggau. Selasa (23/04/2024). Ketua Ikatan Guru…

10 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Surat Undangan Tahapan Seleksi Calon Karyawan BPJS Kesehatan 22-23 April 2024 – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar kembali surat undangan tahapan seleksi calon karyawan mengatasnamakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Dalam surat tersebut calon karyawan diminta untuk hadir ke Jl. Letjend Suprapto Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat pada…

16 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Penawaran Tebus Murah iPhone Mengatasnamakan Puskesmas Kuta Utara – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan informasi di media sosial Instagram resmi milik Puskesmas Kuta Utara terkait penawaran tebus murah ponsel dengan merek iPhone 14 Pro Max 256GB. Dalam unggahan tersebut disebutkan bahwa ponsel tersebut berwarna deep…

16 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengajuan Pinjaman Online BNI Melalui TikTok – 22/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah akun yang mengatasnamakan Bank BNI dengan nama akun @pinjaman.bankbni pada platform TikTok. Pada akun tersebut terdapat narasi yang menyebutkan "silahkan hubungi 083867617878".   Dikutip dari situs turnbackhoax.id, akun tersebut bukanlah akun…

16 jam lalu