TNI bantu petani di perbatasan bersihkan pengairan sawah

TNI bantu petani di perbatasan bersihkan pengairan sawah



Pontianak (ANTARA) – Personel Pos Serangkang Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wanara Sakti membantu petani membersihkan lahan dan pengairan sawah di perbatasan RI-Malaysia di Dusun Serangkang, Desa Entikong, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Kegiatan itu sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat serta mendukung program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan,” kata Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol (Inf) Hendro Wicaksono, di Sanggau, Selasa.

Dia mengatakan, untuk meningkatkan hasil pertanian, maka tanaman harus bebas dari hama termasuk rumput yang bisa merusak kualitas tanaman padi sehingga dapat mengurangi hasil produksi padi.

“Dari kegiatan ini terlihat semangat kebersamaan antara personel Satgas Pamtas dengan bapak Ahay mencabuti rumput-rumput yang tumbuh di sawah miliknya agar terhindar dari hama dan padi yang ditanam dapat tumbuh dengan baik dan hasilnya juga meningkat,” ujarnya.

Sementara itu, di tempat terpisah Danpos Serangkang, Sertu Abdul Jalil mengatakan kegiatan tersebut mereka lakukan sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyatnya.

“Untuk menghasilkan padi yang berkualitas maka perawatannya juga harus diperhatikan mulai dari pemilihan bibit padi, kondisi lahan, pemupukan dan tidak kalah penting yaitu menjaga dari gangguan hama. Untuk hari ini kami bersama-sama warga membersihkan rumput liar yang tumbuh di sawah warga,” ujarnya.

Sementara itu, Ahay pemilik lahan sawah mengucapkan terimakasih kepada Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns yang selalu peduli terhadap keadaan lingkungan di wilayah binaannya, dengan berupaya menghidupkan kembali budaya gotong-royong.

“Semoga dengan kedekatan TNI dengan masyarakat maka TNI akan selalu dicintai oleh rakyat,” katanya.