Pemrov Kalbar gelar gelar pangan murah untuk kendalikan harga

Pemrov Kalbar gelar gelar pangan murah untuk kendalikan harga



Pontianak (ANTARA) – Gelar pangan murah kembali dihadirkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar sebagai upaya untuk mengendalikan harga pangan di tengah masyarakat.

“Kegiatan gelar pangan murah ini juga untuk peringatan HUT Ke-65 Pemprov Kalbar,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero, Selasa.

Baca juga: Transaksi gelar pangan murah momen HPS 2021 di Kalbar capai Rp3,6 miliar

Ia menambahkan, selain untuk menjaga stabilitas harga karena di tengah kondisi pandemi seperti ini tanpa ada intervensi pemerintah dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok juga untuk meringankan beban masyarakat.

“Jadi manfaatnya selain harga pangan yang murah, juga pengendalian harga. Kami dari pemerintah terus memantau stok dan harga sehingga inflasi tetap terkendali dengan kebutuhan masyarakat terjangkau,” jelas dia.

Baca juga: Hari Pangan Sedunia 2021 Pemprov Kalbar “Gelar Pangan Murah”

Ia menjelaskan dalam gelar pangan murah dilakukan melalui dua cara yakni secara online melalui pesan Whatsapp dan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar secara langsung.

“Untuk online masyarakat tinggal kirim pesan dan kami antara secara gratis. Dalam kegiatan ini melibatkan jasa online lokal yakni Bujang Kurir. Itu semua memudahkan akses kepada masyarakat dalam berbelanja. Kemudian untuk langsung datang saja ke kantor kami,” kata dia.

Baca juga: Dinas Ketahanan Pangan Kalbar terus gencarkan gerakan pangan murah untuk stabilisasi harga

Terkait kenaikan minyak goreng menurutnya hal itu berkaitan langsung dengan kenaikan harga CPO sebagai bahan bakunya. Meski Kalbar penghasil sawit terbesar ke dua se Indonesia tetapi karena bahan baku minyak goreng dari CPO tetap saja berpengaruh.

“Perusahaan sawit semuanya menjual dalam bentuk CPO. Memang ada perusahaan yang langsung olah ke minyak goreng tetapi mereka juga beli CPO dari perusahaan lain. Kembali dengan gelar pangan murah ini juga menjaga stabilitas harga minyak goreng,” kata dia.

Baca juga: Pemprov Kalbar hadirkan pangan murah untuk tingkatkan daya beli masyarakat

Dalam kegiatan gelar pangan murah hadir juga Ketua TP PKK Kalbar dan pengurus lainnya. Dalam kegiatan tersebut masyarakat antusias mengantri dan membeli bahan pokok dengan harga di bawah pasar.