Categories: Antaranews

Pemkot Singkawang gandeng AstraPay sosialisasikan QRIS kepada UMKM



Pontianak (ANTARA) – AstraPay bekerja sama dengan Pemerintah Kota Singkawang melakukan sosialisasi pembayaran dengan sistem QRIS melalui aplikasi AstraPay kepada UMKM Singkawang.

“Melalui kegiatan sosialisasi yang bertajuk ‘Singkawang Ditraktir AstraPay’ ini, mereka memperkenalkan fitur QRIS yang dapat memudahkan UMKM untuk bertransaksi secara mudah dan aman di masa pandemi,” kata Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie di Singkawang, Selasa.

Dia menjelaskan, hal ini sebagai langkah mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran varian baru COVID-19. Untuk itu, AstraPay bekerja sama dengan Pemerintah Kota Singkawang untuk memperkenalkan fitur QRIS sebagai pembayaran yang aman kepada ratusan UMKM.

Sejak awal pandemi, katanya, pemerintah pusat memang menyarankan untuk mengganti pembayaran tunai dengan cashless. 

“Selain mudah karena tidak perlu repot bawa uang tunai, hal ini dapat menekan laju penyebaran beragam varian Covid terutama menjelang perayaan Imlek,” tuturnya.

Menurutnya, fitur QRIS yang diperkenalkan AstraPay akan memudahkan UMKM maupun konsumen untuk dapat bertransaksi tanpa kontak fisik yang tentunya akan mengurangi potensi penyebaran COVID-19. 

“QRIS merupakan kode scan bayar yang dikeluarkan secara resmi oleh Bank Indonesia. Sebagai langkah nyata dari program Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT), Bank Indonesia memiliki tujuan untuk memperluas inklusi keuangan di seluruh daerah Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan kemudahan akses pembayaran yang praktis melalui QRIS,” ungkapnya. 

“Saya turut mengapresiasi kehadiran AstraPay untuk UMKM di Singkawang. Kepada pelaku usaha pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan UMKM di Kota Singkawang, teknologi pembayaran melalui AstraPay tentunya menjadi inovasi dalam pengembangan ekosistem Ekonomi Kreatif,” tuturnya.

Dia pun berharap, agar AstraPay dapat menjadi salah satu jawaban inovasi teknologi pembayaran bagi pelaku usaha pariwisata, ekonomi kreatif, dan UMKM di Kota Singkawang. 

“Kita harus optimis dan berharap semua sektor dapat pulih dan bangkit dari COVID-19. Metode pembayaran cashless atau non-tunai tentunya lebih tepat pada kondisi sekarang ini dikarenakan meminimalkan kontak antara penjual dan pembeli,” katanya.




Bagikan

Berita Terbaru

  • Kalimantan Today

Ruas Jalan Kategori Mantap di Kabupaten Sanggau Bakal Naik Jadi 42 Persen – Kalimantan Today

Foto—Plt. Kepala PUPR Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Enam dari tujuh proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau tahun 2024 berupa peningkatan ruas jalan. Nilainya pun mencapai puluhan miliar. Jika proyek tersebut selesai nantinya, maka…

8 jam lalu
  • Kalimantan Today

Kejari Sanggau Siap Kawal dan Amankan Proyek Strategis Daerah 2024 – Kalimantan Today

Foto–Kasi Intelijen Kejari Sanggau, Adi Rahmanto   KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kejaksaan Negeri (Kejari) Sanggau selaku aparat penegak hukum siap mengawal dan mengamankan pengerjaan yang merupakan proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau. Demikian ditegaskan Kepala Seksi Intelijen (Kastel)…

16 jam lalu
  • Kalimantan Today

Tujuh Proyek Strategis Daerah Kabupaten Sanggau 2024, Ini Rinciannya – Kalimantan Today

Foto—Aris Sudarsono, Plt. Kepala Dinas PUPR Kabupaten KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sanggau, Aris Sudarsono menyebut ada tujuh proyek strategis daerah Kabupaten Sanggau tahun 2024. “Untuk progresnya sampai…

19 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun Facebook dan WhatsApp Mengatasnamakan Brigjen Pol Yehu Wangsajaya – 23/04/2024

Penjelasan : Beredar akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Yehu Wangsajaya. Akun tersebut terlihat menggunakan nama dan foto pro?l Brigjen Pol Yehu Wangsajaya. Faktanya, akun Facebook dan WhatsApp yang mengatasnamakan…

21 jam lalu