Karolin raih Anugerah Perempuan Indonesia 2022

Karolin raih Anugerah Perempuan Indonesia 2022



Pontianak (ANTARA) – Bupati Landak Karolin Margret Natasa mendapat penganugerahan dari Anugerah Perempuan Indonesia (API) ke VII Tahun 2022 kategori pemimpin bidang pemerintahan. 

Penghargaan tersebut diberikan oleh Yayasan Penerima Anugerah Perempuan Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia yang berlangsung di Yogjakarta, belum lama ini.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa yang menerima penghargaan Anugerah Perempuan Indonesia (API) ke VII Tahun 2022 secara virtual mengucapkan terima kasih kepada panitia dalam memberikan penganugerahan kepada dirinya pada kategori pemimpin bidang pemerintahan.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak atas penghargaan yang diberikan ini, namun yang terpenting penghargaan ini merupakan hasil perjuangan kita masyarakat Kabupaten Landak yang sudah mempercayakan saya selaku Bupati Landak. Semoga saya bisa terus bekerja dan berkarya secara maksimal untuk masyarakat Landak,” kata Karolin di Ngabang, Senin.

Karolin menjelaskan, pada saat penyerahan penghargaan tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam sambutan dan arahannya secara virtual mengatakan bahwa jumlah pemimpin perempuan di Indonesia dibandingkan dengan laki-laki belum setara, karena di Indonesia para perempuan belum dianggap berpotensi dalam memimpin di suatu tempat ataupun bidang.

“Dalam dunia pekerjaan tingkat partisipasi angkatan kerja perempuan masih rendah, secara data di tahun 2021 angkatan kerja perempuan baru mencapai 54,03 persen sehingga sangat timpang dengan angkatan kerja laki-laki yang sudah sebesar 82,14 persen. Sedangkan indeks pemberdayaan gender saat ini masih merefleksikan belum maksimalnya kepemimpinan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan pada berbagai tingkatan baik secara lokal maupun nasional,” kata Bintang.

Selain itu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia juga memberikan selamat kepada penerima Anugerah Perempuan Indonesia (API) ke VII Tahun 2022 yang sudah diseleksi secara ketat oleh panitia, sehingga penerimaan anugerah tersebut dapat menjadi sumber inspirasi bagi banyak pihak.

“Sesuai dengan tema yakni perempuan pemimpin tangguh yang berkualitas untuk Indonesia tumbuh di era digital, yang tentunya sangat penting kita bahas dan ditindaklanjuti  dalam dunia yang semakin digital ini. Saya memohon dukungan agar perempuan-perempuan yang hebat dan luar biasa untuk berjuang bersama memasukkan agenda-agenda kesetaraan gender dalam setiap kebijakan, program dan kegiatan termasuk membuka akses perempuan akan teknologi informasi dan komunikasi serta literasi digital,” katanya.