Avatar

Staf Ahli Bupati Sanggau Buka Pra RAT CU Keling Kumang


//DISKOMINFO-SANGGAU//

SANGGAU – Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Shopiar Juliansyah membuka kegiatan Pra Rapat Anggota Tahunan (RAT) KSP CU Keling Kumang area VI Tahun Buku 2021. Dengan tema yang diusung “Memperkuat basis sosial, kultural dan teritorial untuk kesejahteraan anggota yang berkelanjutan”, kegiatan bertempat di Aula Hotel Grand Narita Sanggau, Rabu (19/1/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Perwakilan dari Disperindagkop dan UM Sanggau, Ketua CU Keling Kumang, Stefanus Masiun, CEO CU Keling Kumang, Valentinus, pejabat CU Keling Kumang lainnya serta peserta RAT.

Dalam sambutannya, Bupati Sanggau dalam hal ini diwakili Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Shopiar Juliansyah menyampaikan  bahwa Pra RAT ini selain merupakan upaya memenuhi hak anggota dalam menentukan perwakilan anggota yang akan mengikuti RAT.

“Juga merupakan press release untuk mendapatkan keterangan atau laporan kinerja pengurus atas perkembangan pengelolaan koperasi simpan pinjam dan Poljak KSP CU Keling Kumang sesuai dengan rencana bisnis koperasi (RBK),” katanya.

Lanjut dikatakannya bahwa dengan selalu mengedepankan nilai dan prinsip berkoperasi penerapan nilai dan prinsip tersebut menjadikan ciri atau pembeda bagi sebuah badan usaha yang berbadan hukum koperasi/Kopdit/CU dengan lembaga keuangan lainnya.

Dikatakannya, kehadiran koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat khusus di Kabupaten Sanggau ini sudah sangat menggembirakan.

“Sampai saat ini jumlah koperasi mencapai 436 unit (270 unit aktif, 166 non aktif) dan 13 unit koperasi binaan provinsi termasuk didalamnya CU Keling Kumang dan untuk koperasi unit simpan pinjam berjumlah 158 unit,” ucapnya.

Sayangnya lanjut dikatakan Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Shopiar Juliansyah bahwa kehadiran dan pertumbuhan koperasi yang cukup pesat ini tidak diikuti dengan kualitas, sehingga banyak yang kemudian tidak berkembang. Dari 436 unit koperasi tersebut hanya 270 unit atau 61,93 yang aktif dan yang telah melaksanakan RAT tahun 2021 lalu berjumlah 61 unit atau 22,59 persen dari koperasi aktif.

Dalam kesempatan ini juga, Shopiar Juliansyah mengungkapkan selamat melaksanakan Pra RAT. Jadikan forum ini sebagai upaya untuk meningkatkan dan memajukan KSP CU Keling Kumang menjadi koperasi yang sehat dan berkualitas.

“Untuk itu, saya mengajak saudara-saudara semua untuk berperan aktif dalam mengikuti kegiatan ini. Sampaikan usulan, saran, kritikan, ide, dan sebagainya yang sifatnya untuk membangun koperasi dan meningkatkan kesejahteraan anggota,” ujarnya.

Semoga, Pra RAT ini dapat menghasilkan keputusan-keputusan strategis bagi perkembangan dan kemajuan KSP CU Keling Kumang di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

“Dengan sepenuh hati, saya berharap agar apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi perkembangan koperasi di Kabupaten Sanggau umumnya dan KSP CU Keling Kumang khususnya,” harapnya.

Sementara itu, CEO CU Keling Kumang, Valentinus menyampaikan bahwa CU Keling Kumang terus fokus pada kesejahteraan anggota, yang dimana CU Keling Kumang memberikan pendidikan kepada 15.861 orang. Pihaknya juga melakukan pendampingan usaha kepada para anggota CU tersebut.

“Kemudian juga kita memiliki produk-produk pertanian, yang mana produk pertanian tadi serta pinjaman pertanian, nanti kita dampingi agar anggota paham mengelola pertanian dengan baik dan usahanya,” katanya.

Selain itu juga, kita memberikan pelatihan kewirausahaan kepada anggota. Itu yang kita lakukan, sehingga kita harapkan kesejahteraan anggota semakin bagus.

“Kemudian pendidikan pengelolaan petani kelapa sawit juga kami lakukan, yang dimana anggota ini terutama petani sawit mandiri bisa mengelola sawit mandiri mereka secara benar dan baik,” pungkasnya.