Categories: Dinkes

Sanggau Berhasil Lewati Libur Nataru Tanpa Kasus Baru Covid-19 – Dinas Kesehatan


dinkes.sanggau.go.id – Kabupaten Sanggau mampu melewati libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 tanpa penambahan kasus baru positif Covid-19. Bahkan nol kasus aktif atau orang dalam perawatan maupun isolasi sudah dicatatkan Kabupaten Sanggau sejak 8 November 2021 lalu.

“Jadi sejak tanggal 8 November 2021 hingga hari ini (5 Januari), kita belum menemukan kasus baru Covid-19 di Sanggau,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/1/2022).

Tak mau kecolongan, Dinkes Sanggau tetap melakukan pemantauan dan pengamatan. “Dalam artian surveilans kita berjalan. Mulai dari puskesmas hingga kabupaten. Tetapi sampai sekarang memang kita belum menemukan orang-orang yang positif maupun bergejala. Kalau dulu kan ada yang kehilangan penciuman, kehilangan rasa, sesak dan demam. Nah sampai sekarang, kita belum mendapatkan laporan,” terang Ginting.

Meski nol kasus baru, ia memastikan Sanggau belum aman dari penularan Covid-19. “Belum bisa dikatakan aman, kita harus tetap waspada. Kapan saja virus itu bisa masuk ke Sanggau mengikuti mobilitas manusia. Karena pandemi belum berakhir, kecuali pandemi berubah menjadi endemi, baru aman,” ujar Ginting.

Oleh karena itu, ia meminta semua pihak untuk tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Ginting pun memastikan tetap menjaga pintu-pintu masuk, termasuk perbatasan negara di Entikong untuk mencegah orang-orang yang positif menularkan virus Corona.

“Sekarang mobilitas orang ini sangat cepat. Apalagi kita ini daerah perbatasan. Dari luar negeri, lintas pulau, lintas Kabupaten mobilitas sangat cepat. Sehingga mobilitas virus juga bisa sangat cepat. Jadi, kita harus tetap waspada,” katanya.

Ginting menambahkan, meski catatkan nol kasus aktif Covid-19, Kabupaten Sanggau berada di zona kuning penyebaran Covid-19. “Zona, kita masuk zona kuning. Karena Entikong masuk wilayah kita. Seperti yang kita ketahui, PMI masih ada yang ditemukan positif, walaupun bukan warga Sanggau dan tidak singgah di tempat kita. Artinya dari PLBN langsung ke daerah asalnya,” pungkasnya. (jul) (Sumber : Suara Pemred)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

5 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

1 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

1 hari lalu