Categories: Dinkes

Dinkes Kalbar Temukan Sembilan Sampel PMI Probable Omicron – Dinas Kesehatan


dinkes.sanggau.go.id – Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar mengumumkan temuan sembilan sampel probable Omicron. Probable yang dimaksud yakni masih kemungkinan Omicron atau bukan. Sehingga masih memerlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk menentukan kepastian di Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

“Hingga 20 Desember 2021 di Kalbar ada 9 sampel PMI yang probable Omicron atau kemungkinan omicron berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium dengan metode SGTF,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Harisson pada Senin (20/12).

Harisson menjelaskan dari total sembilan sampel tersebut satu orang merupakan warga Kabupaten Sambas yang baru kembali dari Serawak Malaysia. Kemudian delapan orang merupakan warga dari luar Provinsi Kalbar.”Sampel mereka ini setelah diketahui probabel Omicron maka akan langsung di kirim ke Balitbangkes Kementerian Kesehatan, untuk dipastikan dengan Whole genome sequencing,” jelasnya.

Ia mengungkapkan pemeriksaan dilakukan terhadap setiap Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru masuk dari Malaysia ke perbatasan melalui PLBN Aruk dan Entikong. PMI tersebut akan dilakukan swab PCR jika ditemukan kasus positif Covid-19 maka akan dilakukan isolasi.

Kemudian sampel tersebut akan dikirim ke laboratorium Universitas Tanjungpura dan dilakukan pemeriksaan SGTF guna melihat probable Omicron atau bukan. Sampel-sampel tersebut juga akan di kirimkan ke Litbangkes Kemenkes RI untuk dipastikan umicorn atau bukan.

“Presiden meminta agar tidak terjadi penularan lokal dari kasus Omicron yang sudah terdeteksi di Indonesia,” katanya.

Harisson mengharapkan masyarakat benar-benar melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan harus disiplin untuk dilaksanakan secara terus menerus. Selian itu satgas Covid-19 kabupaten kota juga harus terus melakukan tracing, testing dan treatment.

“Setiap ada kasus positif Covid-19 lalu 14 orang yang berkontak erat harus ditracing. Kemudian dilakukan tes jika positif Covid-19 maka akan di isolasi,” ungkapnya.

Dikatakannya sekian itu upaya lain yang harus dilakukan yakni mengejar target percepatan vaksinasi Covid-19. Secepat mungkin masyarakat harus mendapatkan vaksinasi Covid-19. Sehingga kekebalan komunal ditengah masyarakat bisa diwujudkan di Provinsi Kalbar.

“Secepat mungkin harus terjadi herd immunity dimana 70 hingga 80 persen masyarakat harus sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.(din)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pengambilan Bansos THR dengan KTP di ATM – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Twitter/X sebuah video memperlihatkan seseorang mengambil uang dari mesin anjungan tunai mandiri (ATM) menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dilengkapi narasi narasi yang mengeklaim bahwa pengambilan dana bantuan sosial…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam ke Indonesia Mulai 1 April 2024 – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di media sosial Facebook yang mengeklaim ratusan Tentara Merah Cina memasuki Indonesia setiap jam secara bertahap melalui suatu bandara. Unggahan video tersebut dilengkapi dengan narasi "1 April 2024 tentara-tentara…

4 jam lalu