Jawab Isu-isu Strategis, MABM Sanggau Gelar Mukerda – Kalimantan Today

Jawab Isu-isu Strategis, MABM Sanggau Gelar Mukerda – Kalimantan Today


Foto—Diskusi yang menghadirkan akademisi dari Universitas Tanjungpura, Dr. Jumadi (tengah) dan Ketua DPD MABM Sanggau, Budi Darmawan (paling kanan) dipandu Sekretaris DPD MABM Sanggau, Fahriadi, di acara Mukerda MABM di Hotel Meldy Sanggau, Sabtu (18/12/2021) malam—Kiram Akbakr

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Dewan Pengurus Daerah (DPD) Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sanggau kembali menggelar Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) yang mengangkat tema ‘Kuat dalam syariat, bulat dalam sepakat, marwah Melayu bermartabat’.

Acara yang berlangsung dua hari, 18-19 Desember 2021 dipusatkan di Hotel Meldy Kota Sanggau, Sabtu (19/12/2021). Hadir perwakilan DPP MABM Kalbar, Dr. Jumadi, 15 perwakilan DPC MABM Kecamatan se Kabupaten Sanggau, Perempuan Melayu Kabupaten Sanggau, para tokoh dan sesepuh Melayu Kabupaten Sanggau, sejumlah pimpinan partai politik dan paguyuban di Sanggau.

Dalam sambutannya, Ketua panitia Muskerda DPD MABM Kabupaten Sanggau Ade Syafari menyampaikan kegiatan Muskerda ini selain membuat kesepatan bersama dalam bentuk rekomendasi-rekomendasi, juga yang lebih penting adalah menjalin silaturahmi dengan sesama puak Melayu, pengurus MABM, termasuk Ormas Islam.

“Muskerda ini pada dasarnya bertujuan untuk mengevaluasi kinerja pengurus di tingkat Kabupaten yang dilaksanakan minimal satu kali dalam lima tahun,” terangnya.

Muskerda ini, lanjutnya diharapkan Ade, mampu menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang dapat menjadi bahan masukan sekaligus acuan untuk dimanfaatkan oleh pengurus melanjutkan dan meningkatkan kinerja MABM agar ke depan lebih baik.

“Muskerda kali ini juga diharapkan dapat menjawab isu-isu strategis yang terjadi saat ini di Kabupaten Sanggau,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPD MABM Kabupaten Sanggau, Budi Darmawan, menyampaikan, dengan digelarnya Muskerda ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi-rekomdasi yang bermanfaat dalam kemajuan organisasi, daerah, bangsa dan negara.

Budi, sapaan akrabnya mengaku siap jika ada kritik yang ingin disampaikan kepada DPD MABM selama kepemimpinannya demi perbaikan organisasi kedepan. Budi tak memungkiri masih banyak hal yang perlu ditingkatkan kedepan.

“Kami juga mohon dukungan semua pihak untuk menjalankan organisasi. Saran dan masukan juga wujud dukungan yang kami tunggu-tunggu demi perbaikan organisasi kedepan,” pungkasnya.

Usai acara pembukaan Muskerda, dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu Sekretaris DPD MABM Sanggau, Fahriadi dengan narasumber Dr. Jumadi dari Untan Pontianak. (Ram)